Seberapa Tebal Sih Kantong Telkomsel?

Ilustrasi pengguna jaringan 4.5G Telkomsel (source: Telkomsel)

Technologue.id, Jakarta – Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan pengguna 178 jutaan, tak salah kalau Anda mengira Telkomsel berkantong tebal. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, seberapa besar profit mereka?

Semester pertama 2017, pendapatan Telkomsel mencapai Rp45,99 triliun. Dari jumlah itu, kontribusi pendapatan bisnis digital mereka mencakup Rp18 triliun. Sedangkan laba bersihnya adalah Rp15,50 triliun.

Dari data yang dibeber Telkom Indonesia selaku perusahaan induk Telkomsel pada Technologue.id, mereka mampu mempertahankan kinerjanya dan membukukan pertumbuhan triple-double-digit. Selama Januari sampai Juni 2017, kenaikan pendapatan Telkomsel tumbuh sebesar 11,9 persen. Sementara laba bersihnya mencapai 15,6 persen secara Year-on-Year (YoY).

Peningkatan pertumbuhan bisnis digital Telkomsel ini amat dipengaruhi oleh perluasan dan penguatan jaringan 3G/4G mereka. Tak kurang dari 17,5 ribu BTS 3G/4G baru telah ditambahkan. Kini, total BTS Telkomsel sebanyak 146.571 BTS, di mana sebesar 65,7 persennya merupakan BTS yang mampu memberikan layanan 3G/4G.

Perusahaan yang dipimpin Ririek Adriansyah itu sendiri baru merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun pada 26 Mei lalu. Di usianya yang cukup ‘dewasa’ ini, mereka berkomitmen untuk terus melayani masyarakat Indonesia sembari memajukan negeri melalui karya positif.

Namun, ada pihak tertentu – seperti peretas situs Telkomsel April lalu – menilai Telkomsel adalah operator “jahat”. Menurut pihak tak bertanggung jawab tersebut, tarif internet provider yang identik dengan warna merah itu terlalu tinggi.

 

Baca juga:

Bisnis Digital Telkom Mulai Berbuah Manis

Telkomsel Tarungkan 32 Startup Terbaik The NextDev 2015 dan 2016

E-Agriculture, Fokus Telkomsel untuk Majukan Indonesia