Technologue.id, Jakarta – Samsung Galaxy S9 yang dinanti-nanti para penggemarnya akhirnya resmi diluncurkan hari ini, Minggu (25/02/2018) waktu setempat di MWC 2018 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Mengusung tagline ‘Reimagine’, duo varian Samsung Galaxy S9 yakni Galaxy S9 dan S9 Plus sama-sama didukung kamera handal. Sebuah kamera beresolusi 12MP dengan dual aperture f/1.5 dan f/2.4 terpampang di Galaxy S9.

Sementara Galaxy S9+ dibubuhi dua kamera beresolusi 12MP dengan dual aperture seperti Galaxy S9. Satu lensa untuk telephoto, sedangkan satunya lagi wide angle. Kedua lensa Galaxy S9 Plus ini sanggup menghasilkan foto dengan efek bokeh dengan depth live focus.

Baca juga:

Galaxy S9 dan S9+ Resmi Meluncur di Barcelona

- Advertisement -

“Hari ini kami persembahkan Galaxy S9 dan S9 plus dengan teknologi handal. Mulai dari kamera, display, AI, sound, desain, emoji, fitur keamanan dan banyak lagi,” ucap Head of IT and Mobile Communications Division Samsung, DJ Koh saat acara peluncuran Samsung Galaxy S9 di MWC 2018, Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018) waktu setempat melalui live streaming di website resminya yang Technologue.id saksikan Senin (26/02/2018) pukul 00.00.

Head of IT and Mobile Communications Division Samsung, DJ Koh memegang duo Galaxy S9 (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Seperti produk flagship sebelumnya, kamera duo Galaxy S9 ini didukung teknologi asisten virtual Bixby yang sudah mendapatkan sejumlah pembaruan. Terdapat pula, fitur super slow motion yang menghasilkan video 960fps, emoji AR dan serangkain fitur canggih lainnya.

Jonathan Wang, Director Product Manager Samsung mobile (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

“Dual sensor pada duo Galaxy S9 ini mampu memproses foto empat kali lebih cepat sekalipun dalam kondisi minim cahaya. Dukungan dual aperture menyajikan kualitas foto yang menakjubkan dalam kondisi sangat terang bahkan sangat gelap. Bukaan lensa pada kamera mampu beradaptasi terhadap segala kondisi pencahayaan,” jelas Jonathan Wang, Director Product Manager Samsung mobile di tempat yang sama.

Hasil kamera Samsung Galaxy S9 (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Aperture besar yakni F1.5 pada Galaxy S9 ini merupakan yang pertama kalinya hadir pada smartphone. Inilah yang membuat Galaxy S9 mampu menyajikan kualitas foto lebih baik meski dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan aperture kedua berukuran F2.4 memungkinkan gawai ini menangkap objek dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Baca juga: 

Harga Samsung Galaxy S9 Lampaui Rp15 Juta?

Tak hanya untuk foto, terdapat fitur super super slow motion yang mampu menghadirkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel. Anda bisa merekam video berdurasi cepat 0,2 detik menjadi lebih lama sekitar 6 detik.

Baca juga:

Berapa Harga Samsung Galaxy S9 dan S9+?

Dalam acara peluncurannya, Jonathan Wang mendemonstrasikan kecanggihan kamera Galaxy S9 untuk membuat video slow motion. Jonathan menuangkan sebuah air kedalam gelas lalu mengabadikannya melalui fitur super slow motion pada ponsel ini. Hasilnya, sungguh mengagumkan berbeda dengan efek slow motion pada umumnya. Tumpahan air jatuh sangat pelan dari sebuah wadah ke gelas. Didukung resolusi lebih tinggi, hasilnya nyaris mendekati sempurna.

Fitur super slow motion (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Hebatnya, kamera Galaxy S9 mampu mengubah foto menjadi avatar disokong kemampuan Augmented Reality (AR) pada kamera yang direalisasikan menjadi AR Emoji. Teknologi ini memungkinkan pengguna mengubah fotonya menjadi emoji dalam bentuk GIF atau stiker. Emoji ini nantinya dapat Anda bagikan ke sosial media dan pesan instan. Jonathan juga mendemonstrasikan kehebatan fitur AR emoji ini ke dirinya sendiri dan para tamu undangan.