Sedikit Lagi, Vendor China Ini Jungkalkan Apple

Sedikit Lagi Vendor China Ini Akan Jungkalkan Apple
Ilustrasi Apple (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Apple memang saat ini masih menjadi perusahaan smartphone top di dunia dari segi volumenya, tepatnya di posisi kedua. Kuartal kedua 2017, mereka mampu menjual 41 juta iPhone.

Namun kalau dilihat dari jauh, posisi raksasa Cupertino itu makin lama makin terdesak. Pertama, cukup sulit bagi Tim Cook dan jajarannya untuk mengalahkan Samsung yang ada di posisi pertama. Sebab di bulan April sampai Juni 2017, volume penjualan smartphone mereka dua kali lipat dari perolehan Apple, yakni 80,4 juta unit.

Baca juga:

Sejak Pertama Kali Diluncurkan, Berapa Banyak iPhone yang Terjual?

Di sisi lain, Apple terus dibuntuti oleh Huawei. Duduk di posisi ketiga, berdasarkan laporan Counterpoint Research pada Q2 2017, vendor dari Tiongkok itu telah mengapalkan 38,5 juta unit ponsel pintarnya.

Mengutip CNET (03/08/17), kalau dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, penjualan Huawei kini naik 20 persen. Sementara itu, Apple malah turun 2 persen.

Baca juga:

Orang-orang Belum Bosan dengan iPhone, Ini Buktinya

Fakta ini sepertinya tak ada salahnya untuk dijadikan alarm bagi Apple agar pada kuartal selanjutnya tak sampai dijungkalkan oleh Huawei. Akan tetapi mengingat Apple belum merilis iPhone anyar tahun ini, klasemen seperti saat ini kemungkinan akan bertahan sampai akhir tahun 2017, kecuali iPhone next-gen benar-benar meledak di pasaran dalam beberapa pekan pasca diluncurkan.

Baca juga:

Lebih Tunduk Pada Pemerintah China, Apple Pengkhianat?

Sedangkan bagi Huawei, hampir bisa dipastikan kalau perolehan ini bakal membuat mereka makin bersemangat untuk mengejar mimpi menjadi brand smartphone terpopuler di dunia. Perusahaan kipas merah itu memprediksi mampu melakukannya pada tahun 2021 mendatang.

 

 

loading...