Technologue.id, Jakarta – Berbeda dengan manusia pada umumnya, penyandang tunanetra memiliki caranya sendiri untuk bisa melihat objek yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya, sebagai perusahaan besar dibidang software, Microsoft pun menunjukkan kepeduliannya terhadap penyandang tunanetra dengan cara menciptakan sebuah aplikasi khusus.

Mengutip dari NextPowerUp (12/07/17), belum lama ini, Microsoft meluncurkan sebuah aplikasi mobile bernama Seeing AI. Agar bisa menjadi teman yang cerdas bagi pengguna buta, raksasa software itu juga menyematkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) pada aplikasi tersebut.

Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut bakal berfungsi sebagai ‘mata’ dari penggunanya. Seeing AI akan menggunakan berbagai sensor yang ada pada ponsel seperti kamera, mikrofon, dan lain-lain untuk mendeteksi keadaan sekitar.

Jika mendeteksi adanya benda ataupun objek yang terlihat oleh kamera, aplikasi ini akan memberitahukan pengguna tentang detail dari objek yang ada melalui suara. Tak cuma itu, ia juga bisa mendeteksi nama maupun emosi dari seseorang yang mungkin sedang berada di depan pengguna.

Tak cuma sebatas itu, Seeing AI juga bisa memindai lalu membacakan teks yang terkandung dalam sebuah surat. Hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan mengarahkan smartphone pada dokumen yang ada.

Saat ini, aplikasi tersebut baru tersedia untuk platform iOS. Sayangnya, belum diketahui kapan Microsoft akan merilisnya untuk Android. Namun satu hal yang pasti, pengguna bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

 

Baca juga:

Cara Microsoft Sukseskan Bisnis UKM

Microsoft Pecat 3.000 Karyawannya Secara Global

Microsoft Bikin Perangkat Premium Berbasis Windows 10 Mobile?