Sejumlah Bank Bersama Twitter Gaungkan Kampanye #DatamuRahasiamu

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), BCA Digital, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI) bersama Twitter Indonesia berkolaborasi mengampanyekan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu.

Kampanye ini dimaksudkan agar masyarakat makin waspada terhadap berbagai modus penipuan yang terjadi.

“Kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius,” kata Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi dalam konferensi pers, Rabu (8/9/202).

“Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” tambahnya.

Head of Marketing & Communication BCA Digital Duardi Prihandiko mengatakan,bersama-sama pihaknya akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi.

Baca Juga:

Riset Dell Technologies: Mayoritas Perusahaan Indonesia Kesulitan Hadapi Perkembangan Data


“Dari sisi institusi harus punya sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya, sedangkan dari sisi customer juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial. Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Duardi.

Sementara itu, Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin mengatakn, telah menjadi komitmen perseroan untuk senantiasa memprioritaskan keamanan data nasabah. Maka dari itu, perseroan memberikan dukungan penuh dan nyata terhadap gerakan kolaborasi #DatamuRahasiamu.

“Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya. Harapannya melalui kolaborasi ini dapat meningkatkan tingkat edukasi nasabah mengenai pentingnya menjaga data pribadi,” terang Norisa.

alam momen yang sama, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI Rian Eriana Kaslan mengatakan, pihaknya memiliki harapan besar terkait kampanye tersebut. Dengan adanya kampanye itu, pengguna layanan bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi adalah juga merupakan tanggung jawab personal pengguna layanan.

Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank atau petugas BNI melalui telepon, chat platform, faks atau e-mail, yang menanyakan data pribadi, termasuk password, MPIN, PIN, atau OTP.

Baca Juga:

Polisi Ringkus Pembobol Data Aplikasi PeduliLindungi


“Menurut kami, kolaborasi campaign #DatamuRahasiamu yang diikuti oleh partner-partner besar seperti ini sangatlah penting untuk mengedukasi nasabah kami akan pentingnya menjaga data rahasia pribadi. Kami sebagai pihak bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, yang salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya dari cybercrime,” ujar Rian.

Keamanan digital ini juga menjadi perhatian utama dari Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia.

Country Industry Head, Indonesia Twitter Dwi Adriansah menyampaikan, menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi adalah satu satu prioritas utama perseroan. Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga.

“Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital,” kata Dwi.

Dalam momen yang sama, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis Bank Indonesia Anton Daryono mengatakan, melihat akselerasi digital yang semakin cepat tentunya harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang.

“Kami tentunya menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif kolaborasi kampanye #DatamuRahasiamu yang dilakukan antarinstitusi ini. Semoga melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” tandasnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories