Sekarang Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung di Google

Technologue.id, Jakarta – Fitur bernama “Hum to search” baru saja diluncurkan Google. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari lagu dengan cara yang unik, yakni dengan bersenandung atau bersiul.

Kehadiran fitur terbaru ini dapat membantu para pengguna mengetahui lagu yang tidak diketahui liriknya. Mereka hanya perlu mengucap “What’s this song?” pada kolom Google search, lalu bersenandung selama 10-15 detik.

Baca Juga:

Google Maps Kini Bisa Pantau Daerah Sebaran Covid-19


Pengguna nantinya akan disuguhkan hasil penelusuran lagu dengan beragam bentuk. Mulai dari judul lagu, cover album, nama penyanyi, lirik lagu, serta ragam rincian lainnya yang serupa.

Untuk diketahui, dalam menjalankan fitur ini, Google menggunakan teknologi machine learning yang mampu mendeteksi nada atau alunan lagu yang dinyanyikan oleh pengguna.

Machine learning kemudian akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu, dilansir dari 9To5Google pada Senin (26/10/2020).

Baca Juga:

Google Maps Kini Bisa Pantau Daerah Sebaran Covid-19


Sayangnya, fitur ini masih butuh pengembangan lebih lanjut. Pasalnya saat ini baru tersedia dalam 20 bahasa untuk perangkat Android dan hanya satu bahasa, yakni bahasa Inggris untuk iOS.

Google menyebut akan segera menambah berbagai macam bahasa lainnya kedepannya. Diharapkan penambahan ini akan mulai berlangsung dalam waktu dekat.

Latest News

Samsung Berhenti Rilis Seri Galaxy Note Pada 2022?

Technologue.id, Jakarta - Samsung dilaporkan bakal menghentikan produksi generasi Galaxy Note-nya dalam dua tahun kedepan. Sebuah tweet oleh @cozyplanes...

Pemain PUBG Mobile Jadi Target Serangan Siber

Technologue.id, Jakarta - Game battle royale PUBG Mobile menjadi salah satu game yang paling digemari saat ini. Namun di balik itu, ternyata...

Spotify Reset Password Pengguna Akibat Masalah Keamanan Data

Technologue.id, Jakarta - Spotify melakukan pengaturan ulang kata sandi secara bergulir ke ratusan ribu akun pengguna setelah ditemukannya indikasi kebocoran data.

Free Fire Bakal Gandeng Cristiano Ronaldo?

Technologue.id, Jakarta - Free Fire terkenal sering kolaborasi dengan selebritis untuk bikin konten dan event baru yang menarik bagi para pemain. Sebelumnya Free...

Xiaomi Kembangkan Ponsel Layar Lipat dengan Kamera Pop-up?

Technologue.id, Jakarta - Ponsel layar lipat menjadi tren baru di industri ponsel. Para vendor pun berlomba-lomba menghadirkan ponsel dengan konsep tersebut.

Related Stories