Technologue.id, Jakarta – Teknologi makin tak terelakkan memasuki sendi-sendi kehidupan umat manusia. Implementasinya kini mulai meluas, bahkan di hal-hal yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Di Hangzhou, China, contohnya, ada sebuah sekolah yang memasang teknologi facial recognition di dalam kelasnya. Gunanya adalah untuk memonitor dan menganalisis para muridnya.

Baca juga:

Microsoft: Pemanfaatan Artificial Intelligence di Indonesia Sudah Masif

- Advertisement -

Mengutip en.people.cn (19/05/2018), sistem pintar untuk manajemen kelas ini menggunakan kamera pemindai wajah yang akan melakukan scanning tiap 30 detik sekali. Kameranya sendiri didesain untuk mengenali enam aktivitas: membaca, menulis, mengangkat tangan, berdiri, mendengarkan guru, dan berbaring di meja.

Sistem ini pun mampu mengenali ekspresi wajah para murid dan mencatat apakah mereka sedang senang, sedih, marah, takut, atau jijik. Informasi itu nantinya bakal dikumpulkan sebagai evaluasi para guru dalam proses belajar-mengajar.

Baca juga:

Mesin Cuci Ini Bertenaga Artificial Intelligence, Lebih Bersih Mencucinya?

Sekolah Ini Pantau Muridnya Pakai Teknologi Face Recognition, Gunanya?
Hasil pemindaian face recognition di sekolah Hangzhou No. 11 High School (source: en.people.cn)

Yang menarik, dengan teknologi yang mulai dipakai sejak tahun lalu di kantin ini, para guru Hangzhou No. 11 High School dapat mengecek kehadiran siswa dengan sangat mudah. Alhasil, siswa yang suka kabur tiba-tiba dari sekolah akan dapat diketahui secara mudah.
Sebagai batasan privasi, kamera ini tidak akan menyimpan foto atau gambar dari para murid.

Baca juga:

Ponsel Samsung Inikah yang Bakal Dilengkapi AI Bixby 2.0?

Menurut wakil kepala sekolah, Zhang Guanchao, keamanan sistem ini ditunjukkan pula dengan digunakannya server lokal, bukan server bebasis cloud, untuk menjamin otoritas akses datanya.