Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Selain Brain Cipher, 3 Grup Hacker Ini Pernah Serang Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Nama Brain Cipher semakin dikenal usai berhasil menarget Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, yang berakibat terganggunya layanan publik, termasuk layanan keimigrasian pada Kamis (20/6).

Serangan siber yang meminta tebusan Rp131 miliar ini bahkan sampai membuat Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri, menurut pernyataannya di Kantor Kominfo, Kamis (4/7/2024).

Brain Cipher Tepati Janji, Kunci Berkas PDNS 2 Dirilis
Brain Cipher Tepati Janji, Kunci Berkas PDNS 2 Dirilis

Baca Juga:
Serangan Ransomware Brain Cipher Berujung Pengunduran Diri Dirjen Aptika Kominfo

Meskipun Brain Cipher akhirnya merilis kunci data yang disandera, penting untuk memperhatikan betapa mudahnya data pemerintah dibobol oleh peretas. Tidak hanya Brain Cipher, beberapa grup hacker lainnya tercatat pernah menyerang Indonesia.

Berdasarkan laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tahun 2023, beberapa kelompok peretas yang tercatat aktif menyasar Indonesia antara lain:

LockBit Gang
Grup ini terkenal dengan serangan ransomware, di mana mereka mengenkripsi data korban dan menuntut tebusan untuk melepaskannya. Pada 2022, LockBit Gang dikabarkan bertanggung jawab atas serangan ransomware terhadap PLN.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat