Technologue.id, Jakarta – Berbeda dengan penyedia browser lainnya, Opera punya varian yang cukup banyak, seperti Opera Mobile, Opera Mini, dan Opera Max. Dan sayangnya, Opera Max harus dihentikan pengembangannya.

NextPowerUp (14/08/17) mengabarkan kalau browser yang disematkan layanan VPN gratisan itu kini sudah tak lagi dikembangkan untuk platform Android. Ini artinya, tak ada lagi versi baru dari Opera Max untuk Android. Bahkan, mereka kini sudah membuang browser tersebut dari Play Store.

Baca juga:

Bagaimana Hacker Kriminal Dapat Uang Banyak?

“Opera memutuskan untuk tidak melanjutkan Opera Max. Produk ini secara substansial memiliki nilai yang berbeda jika dibandingkan dengan produk browser kami lainnya. Dengan begitu, kami fokus untuk mengembangkan browser lainnya dan servis lainnya yang hadir di masa mendatang,” pernyataan resmi Opera.

Baca juga:

BlackBerry Bikin Kacamata Pintar, Apa Hebatnya?

Hingga saat ini, Opera sendiri belum memberikan keterangan resmi sebenarnya mengapa Opera Max harus ditiadakan. Hanya saja, dari pernyataan resmi yang dirilis, bisa jadi Opera ingin mengembangkan sebuah layanan baru yang lebih baik dari Opera Max.

Baca juga:

Samsung Siapkan Dua Perangkat Wearable Baru, Apa Saja?

Diketahui, browser yang dirilis pada tahun 2016 silam itu dikenal memiliki teknologi kompresi data yang cukup baik. Dengan begitu, pengguna bisa berselancar di dunia maya dengan kuota data yang jauh lebih irit dari biasanya.