Technologue.id, Jakarta – Microsoft akhirnya mengakhiri penjualan lisensi Windows 7 ke produsen PC. PCWorld (01/11/16) melaporkan kalau terhitung mulai 31 Oktober 2016, perusahaan Redmond itu tak lagi menyediakan sistem operasi berusia tujuh tahun itu di pasaran.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Windows 7 saat ini masih tergolong OS terpopuler di dunia. Walau secara berangsur-angsur, sekitar 20 persen penggunanya mulai beralih ke Windows 10 sejak pertengahan 2015, Net Applications memantau kalau pengguna Windows 7 masih dua kali lipat lebih banyak daripada Windows 10 di bulan Oktober 2016.

Tak cuma Windows 7, Microsoft juga menghentikan pasokan lisensi Windows 8.1 ke OEM. Ini adalah rangkaian ‘pemensiunan’ OS lawas Microsoft. Di tahun ini pula, tepatnya 30 Juni, penjualan lisensi Windows 8 sudah dihentikan. Sementara 31 Oktober 2014 lalu adalah hari terakhir perusahaan pimpinan Satya Nadella itu untuk menjual lisensi Windows 7 Home Basic, Home Premium, dan Ultimate.

Dengan ‘dibunuhnya’ dua OS tersebut di ujung Oktober 2016, praktis cuma ada Windows 10 sebagai opsi yang tersedia di etalase Microsoft. Meski begitu, vendor yang masih memiliki sisa stok Windows 7 Pro dan Windows 8.1 tetap diperbolehkan untuk menghabiskannya.

 

Baca juga:

MICROSOFT SIAPKAN HEADSET VR TEPAT UPDATE WINDOWS 10 CREATORS RILIS

MICROSOFT PERKENALKAN HEADSET VR KHUSUS WINDOWS 10

JEGAL APPLE MACBOOK PRO, MICROSOFT HADIRKAN SURFACE BOOK