Technologue.id, Jakarta – 17 tahun lalu, CEO Apple kala itu, Steve Jobs, memperkenalkan sebuah perangkat mungil yang bisa memainkan musik. Kompetitor terberat Walkman di kategori media player portabel itu adalah iPod.

Melansir MacRumors.com (23/10/2018), Jobs menjuluki pemutar musik ini sebagai lompatan besar di industri teknologi berkat tiga keunggulan utamanya: portabilitas yang tinggi, kemudahan penggunaan khas produk Apple, serta sinkronisasi otomatis dengan platform iTunes.

Baca juga:

2020, Apple Siap Gunakan Prosesor Sendiri?

Generasi pertama iPod kala itu memiliki kapasitas 5GB dan mampu menampung 1.000 lagu. Penggunaannya sendiri mencapai 10 jam dalam sekali charge. MP3 player yang identik dengan click wheel ini dibanderol US$399.

- Advertisement -

Setelah iPod perdana rilis pada 23 Oktober 2001, Apple pun konsisten mengeluarkan produk-produk penerusnya. Beberapa di antaranya adalah iPod Photo (2004), iPod Nano (2005), sampai iPod Touch (2007).

Baca juga:

Apple ID Jadi Incaran Para Penjahat Siber

Namun kini, keberadaan iPod terancam oleh saudara mudanya, iPhone. Produk yang kian hari kian canggih itu dijejali beragam fitur guna memanjakan penggunanya, termasuk pemutar musik dan dukungan ke AirPod.

Baca juga:

Apple Bikin Event Akhir Oktober, OnePlus Keder

Dari pelbagai model iPod yang pernah dibuat oleh raksasa Cupertino itu, terhitung mulai Juli 2017, hanya tinggal iPod Touch yang masih diproduksi. Prediksi Anda, akankah iPod berumur panjang?