Semoga Anda Tidak Termasuk Golongan Orang Konyol Ini

Ilustrasi netizen (Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – 2017 sudah tiba, kecanggihan teknologi pun sudah banyak dijumpai, dari drone, virtual reality, hingga artificial intelligence. Sayangnya, tren menanjak industri ini tak dibarengi dengan awareness masyarakat terkait keamanannya sendiri di dunia maya.

Keeper Security merilis data bahwa password terpopuler di dunia ini masih “123456”, tepatnya 17 persen dari total sampel. Fakta itu mereka temukan setelah menganalisis 10 juta kata sandi yang diumbar ke publik oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab selama 2016. “qwerty” adalah password konyol lain di daftar top 25 password yang paling banyak dipakai sejagad.

Mirisnya, beberapa situs yang mengharuskan user untuk menggunakan delapan karakter seperti sedang diakali. Pasalnya, tak sedikit yang hanya memperpanjang jumlah angka berurutan di keyboard menjadi “12345678”, atau “1234567890”, atau kebalikannya “0987654321”. Pun dengan sequence huruf termudah di keyboard, yakni “qwertyuiop”.

Password terpopuler 2016 (source: Keeper Security)

Adapun penting dari analisis perusahaan keamanan digital ini, yaitu walaupun netizen sudah mencoba untuk membuat password hasil kombinasi angka dan huruf, tetapi hasilnya kurang kreatif. Munculnya kata sandi semacam “1q2w3e4r” dan “123qwe” mengindikasikan bahwa password kombinasi beberapa orang masih berpola dan bisa ditebak. Alhasil, cracker yang berkemampuan membobol password berbasis kamus pun bisa meretasnya dalam beberapa detik saja.

Generator password acak milik beberapa penyedia layanan digital juga tak luput dari kritik Keeper Security. Kode random yang mereka tawarkan terlalu monoton, sehingga password seperti “18atcskd2w” dan “3rjs1la7qe” menjadi repetitif dan jelas menjadi sasaran empuk cybercrime.

Sebagai langkah antisipasi agar akun Anda tidak diretas karena password-nya terlalu lemah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan karakter yang vaiatif untuk password atau gabungan huruf biasa, kapital, simbol, dan numerik. Jika sudah berhasil membuat password yang unik tetapi kesulitan menghafalkannya, Anda bisa menggunakan password manager.

 

Baca juga:

Hacker ‘Bunuh’ Britney Spears?

Pasca Disusupi Hacker, Three Coba Tenangkan Konsumennya

Donald Trump: Internet Tidak Aman, Pakai Ini Saja!