Sempat Viral, Begini Gelar Ranking Pemain Catur

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Duel catur yang mempertemukan Irene Kharisma Sukandar atau Irene Sukandar dengan Dadang Subur pemilik akun Dewa Kipas, Senin 22 Maret 2021, membuat publik penasaran terkait permainan ini, termasuk menyangkut macam-macam gelar yang diusung pemain profesional.

Sebuah situs Federasi Catur Dunia bernama FIDE (Fédération Internationale des Échecs) yang merupakan organisasi internasional yang mewadahi berbagai federasi catur nasional negara-negara di dunia, berperan memberikan gelar-gelar kepada pecatur berprestasi sesuai peringkat mereka.

Baca Juga:
Netizen Tunggu Duel Seru Dadang Subur Vs GM Irene Sukandar

Seorang atlit catur diukur dari angka yang dinamakan dengan rating. Tidak sembarang orang bisa mendapat ELO rating FIDE (internasional) terlebih gelar karena ada proses panjang mendapatkannya. Sistem peringkat ELO adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan (skill) relatif pemain pada permainan antara dua pemain seperti catur.

Jika ingin memilki ELO, pemain atau atlet catur harus mengikuti turnamen catur resmi yang diakui FIDE. Semakin tinggi ELO rating seorang pecatur bisa membawanya mendapatkan gelar karena ELO rating di FIDE menggambarkan kekuatan atlet yang sebenarnya.

Adapun gelar pecatur yang sertifikasinya dari FIDE yaitu meliputi:

Baca Juga:
Duel Catur Dewa Kipas – GM Irene, Sosok Chelsie Monica Curi Perhatian

  1. Grandmaster dan WomanGrandmaster

Grandmaster atau GM merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh organisasi catur internasional FIDE. Gelar Juara Dunia Ini adalah gelar seumur hidup. Seorang pecatur bisa mendapatkan gelar FIDE Grandmaster jika minimal memiliki ELO rating 2.500.

Woman Grandmaster atau WGM merupakan salah satu gelar resmi yang diberikan FIDE khusus untuk pecatur wanita sebagai gelar dengan peringkat tertinggi yang eksklusif untuk wanita. Seperti gelar FIDE resmi lainnya, begitu seorang pemain dianugerahi gelar WGM, gelar tersebut akan digunakan seumur hidup.

Pecatur tanah air yang mengemban gelar Grandmaster diantaranya Susanto Megaranto dan Novendra Priasmoro. Sementara itu pada tahun 2008 lalu, Irene dinobatkan sebagai WGM pertama di Indonesia.

  1. International Master dan Woman International Master

International Master atau IM ialah gelar yang digunakan sejak tahun 1950 oleh FIDE untuk pecatur yang telah mencapai 3 kali hasil baik dalam turnamen internasional dan mencapai 2400 skor Elo. Kedudukan gelar International Master lebih tinggi dari Master FIDE dan lebih rendah dari Grandmaster.

Woman International Master atau WIM setara dengan International Master, bedanya gelar resmi yang diberikan oleh FIDE ini dikhususkan untuk pecatur wanita. Namun jumlah WIM tidak banyak, hanya 116 orang saja yang pernah tercatat di daftar FIDE.

  1. FIDE Master dan Woman FIDE Master

FIDE Master atau FM Diperkenalkan pada tahun 1978, FM berada di bawah gelar International Master tetapi di atas Kandidat Master. Tidak seperti gelar Grandmaster dan International Master, tidak ada persyaratan bagi pemain untuk mencapai norma. Cara yang biasa bagi pemain untuk memenuhi syarat gelar Master FIDE adalah dengan mencapai peringkat Elo 2300 atau lebih.

Ada banyak cara untuk mendapat gelar FIDE Master oleh pemain dengan peringkat elo 2100 dan kurang dari 2300, misalnya dengan mencetak setidaknya 65 persen dalam minimal 9 laga di Olimpiade.

  1. Candidate Master dan Woman Candidate Master

Candidate Master atau CM dan Woman Candidate Master (WCM) diperkenalkan pada tahun 2002, cara yang biasa bagi seorang pemain untuk memenuhi syarat untuk gelar Kandidat Master adalah dengan mencapai peringkat Elo 2200 atau lebih. Untuk pemain yang berperingkat lebih dari 2000 tetapi di bawah elo 2200.

Ada banyak cara lain untuk mendapatkan gelar, misalnya dengan mencetak 50 persen lebih dari 7 atau lebih permainan di Olimpiade. Peringkat Candidate Master dan Woman Candidate Master merupakan gelar paling rendah yang diberikan FIDE.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories