Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Semua Aplikasi Meeting Online Berisiko Masalah Keamanan?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Seiring dengan melonjaknya pengguna, Aplikasi telekonferensi Zoom belakangan ini digempur isu keamanan. Banyak pihak yang mempertanyakan keamanan aplikasi besutan Eric Yuan tersebut.

Menanggapi isu tersebut, Alex Stamos, mantan kepala keamanan Facebook mengatakan bahwa celah tidak hanya dimiliki oleh Zoom. Ia menyebut aplikasi telekonferensi serupa juga memiliki masalah keamanan yang sama.

Baca Juga:

Ratusan Data Pengguna Zoom Bocor di Dark Web

"Semua produk video memiliki masalah keamanan. Mereka merupakan produk yang cukup rumit dibangun dengan sistem keamanan yang kuat," ujarnya dikutip dari CNBC pada Sabtu (18/4/2020).

Lebih lanjut Stamos mengomentari isu yang menyebut bahwa Zoom tidak menggunakan enskripsi end to end. Ia membenarkan hal tersebut namun ia menegaskan bahwa Google Hangout, Microsoft Teams, Cisco WebEx juga memiliki masalah yang sama.

Baca Juga:

Berkah Corona, Kekayaan Bos Zoom Bertambah Rp66 Triliun

"Ada diskusi enkripsi Zoom tidak end to end dan itu memang benar. Tetapi produk serupa juga tidak ada satupun yang mempunyai sistem keamanan semacam itu," katanya.

Stamos mengingatkan bahwa yang terpenting adalah tetap berhati-hati dan benar-benar dalam memilih pengaturan. Ia juga mengatakan sistem keamanan yang dimiliki Zoom saat ini sudah cukup baik

SHARE:

Rencana Nissan di Pasar Otomotif Global, Mau Luncurkan 30 Mobil Baru dalam 3 Tahun

Xbox Cloud Gaming Bakal Dukung Controller dari Mouse dan Keyboard?