Technologue.id, Jakarta – 2016 mungkin menjadi tahun yang cukup manis bagi Google dan Apple karena angka download di pasar aplikasi mereka berhasil meningkat cukup tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh App Annie, sebuah perusahaan riset dan data analitik tentang pasar aplikasi, secara umum angka download di pasar aplikasi meningkat sebesar 15 persen dari tahun ke tahun.

Dikutip dari NextPowerUp (18/01/17), di sisi lain, kenaikan jumlah download pun berdampak pada meningkatnya penghasilan para developer aplikasi sebanyak 40 persen.

Berdasarkan data dari App Annie, secara keseluruhan pengguna lebih banyak mendownload aplikasi-aplikasi regular ketimbang game. Sementara kategori yang paling popular di Apple App Store adalah finance, travel, dan photo/video. Sedangkan di Google Play Store, kategori terfavorit adalah productivity, tools, dan social.

Di saat yang sama, App Annie juga melaporkan seberapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna saat menggunakan aplikasi. Sepanjang tahun 2016, angka penggunaan aplikasi pada sistem operasi Android naik hingga 150 miliar jam.

Oleh karenanya, hingga akhir tahun 2016 lalu, secara keseluruhan pengguna Android menghabiskan waktu 900 miliar jam untuk menggunakan aplikasi.

 

Baca juga:

Cek Estimasi Waktu dan Tarif Gojek, Grab, dan Uber Sekarang Bisa Lewat Google Maps

Game Mode Segera Sambangi Windows 10

Di Antara Spotify, Line, dan Netflix, Mana yang Terkaya Tahun 2016?