Technologue.id, Jakarta – Google telah mengintegrasikan layanan pembayaran peer-to-peer ke dalam solusi pembayaran digitalnya, Google Pay. Kehadiran fitur ini menjadikan Google Play sebagai one-stop destination untuk mengirim dan menerima uang. Bila sebelumnya pengguna harus menggunakan Google Pay Send untuk melakukan pembayaran peer-to-peer, tetapi sekarang tidak perlu lagi. Sebab, mereka juga dapat melakukannya dalam aplikasi Google Pay utama.

Pembayaran peer-to-peer akan mempermudah pembagian tagihan dengan teman-teman Anda. Jika Anda membeli sesuatu dengan Google Pay, maka Anda dapat menekan pembelian dan kemudian meminta pembayaran dari maksimal lima orang.

Baca juga:

Google Investasi Rp300 Miliar untuk Feature Phone

Setelah Google Pay mengambil alih fasilitas penting dari Google Pay Send, maka bisa saja Pay Send tidak akan berumur panjang. Google ingin menyatukan segala pembayaran digital dalam satu platform. Awal tahun ini, Google melakukan rebranding dengan menggabungkan sejumlah platform pembayarannya sendiri untuk membuat “Google Pay” termasuk aplikasi seperti Android Pay dan Google Wallet. Dengan demikian, pengguna akan nyaman melakukan beragam pembayaran dalam satu aplikasi.

Seiring dengan update fitur peer-to-peer, Google juga memasukkan fitur lain dalam solusi pembayaran miliknya, termasuk dukungan untuk mobile ticketing, serta film dan konser, seperti Apple Pay.

Baca juga:

Google Hadiahkan Rp1 Miliar Lebih ke Anak SD Ini, Ada Apa?

Untuk menyimpan tiket masuk atau tiket di Google Pay Anda dapat memilih opsi “Kirim tiket ke telepon saya” dari situs web yang berpartisipasi atau memilih opsi yang sama melalui email dari perusahaan yang mendukung Google Pay Ticket. Sementara jika Anda ingin mengakses tiket Anda, cukup ketuk tab Passes.

“Setelah tiket Anda disimpan, Anda akan menemukan loyalty card, gift card dan penawaran di tab ‘Passes’ baru aplikasi Android. Saat tiba waktu event atau penerbangan Anda, gunakan ponsel Anda sebagai tiket boarding pass Anda – tidak perlu mencetak,” kata Gerardo Capiel, Direktur, Manajemen Produk, dan Pembayaran Konsumen, Google, menulis dalam posting blog pada hari Selasa (10/07/2018).

Baca juga:

100 Juta Speaker Pintar Akan Terpasang di Seluruh Dunia

Google Pay akan disinkronkan dengan Akun Google pengguna untuk memperbarui informasi pembayaran tentang kartu dan akun dengan lebih cepat. Fitur ini juga tersedia di beragam sistem operasi, baik desktop maupun iOS.

“Sekarang Anda dapat menggunakan Google Pay di desktop atau di iOS, di toko atau saat transit, di ponsel Anda atau dengan Assistant Anda, kami juga mempermudah pengelolaan info payment Anda di aplikasi atau di web di pay.google.com,” tambah Capiel.