Technologue.id, Jakarta – Tak cuma para produsen game, Qualcomm yang selama ini dikenal sebagai produsen chipset mobile pun ikutan untuk memproduksi heatset VR berbasis wireless yang bersifat standalone. Ini artinya, headset tersebut bisa beroperasi secara mandiri tanpa perangkat tambahan seperti smartphone.

Mengutip dari TheVerge (18/03/19), Headset yang rencananya akan dipamerkan pada ajang Game Developers Conference tersebut bakal mulai dijual untuk wilayah Asia pada pertengahan ataupun akhir tahun 2019 ini. Namun belum diketahui kira-kira berapa harga jualnya dan seperti apa bentuknya.

Baca Juga:
Samsung Siapkan VR Headset Mandiri Lagi

Berbeda dengan headset VR yang sudah ada di pasaran, Qualcomm merancang perangkat tersebut untuk bisa terkoneksi dengan PC. Dengan begitu, headset VR bisa mengakses berbagai macam library game yang terdapat pada PC. Konsep untuk desain tersebut sendiri bernama “Boundless XR”.

- Advertisement -

Konsep tersebut tak cuma bisa terkoneksi dengan PC, melainkan pengguna juga dapat merasakan jarak pandang headset yang lebih jauh serta bisa bermain game dengan konektivitas 60 GHz dan latensi 16 ms pada saat terkoneksi dengan PC. Untuk model dasarnya sendiri, Qualcomm membekali chipset Snapdragon 845 pada VR tersebut.

Baca Juga:
HTC Luncurkan Dua Headset Vive di CES 2019

Agar tidak mengganggu konektivitas saat bermain menggunakan headset tersebut, berbagai PC maupun konsol yang terkoneksi dengan perangkat VR tersebut diharuskan memiliki Wi-Fi yang sudah mendukung standar 802.11ad. Setelah itu, software buatan Qualcomm juga harus diinstall agar perangkat bisa terdeteksi.