Technologue.id, Jakarta – Dompet digital Dana hadir di tengah-tengah perhelatan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun ini untuk memperkenalkan penerapan transaksi nontunai dan nonkartu bagi pengunjung yang datang sepanjang tanggal 22 Mei hingga 30 Juni 2019.

Tujuan dari upaya memasyarakatkan transaksi nontunai dan nonkartu secara digital di JFK 2019 adalah untuk memberi pengalaman dan membangun kepercayaan masyarakat umum maupun dunia usaha terhadap kemudahan, keandalan, efisiensi, hingga tingginya jaminan keamanan dari transaksi digital yang mereka lakukan.

Baca Juga:
Genjot Transaksi Selama Ramadan, DANA Gelar Program Bedug Berkah Meledug

Para pengunjung dapat merasakan pengalaman bertransaksi menggunakan dompet digital, mulai dari pembelian tiket masuk hingga melakukan pembayaran-pembayaran dibanyak tempat serta wahana di dalam area ekshibisi.

- Advertisement -

Untuk menggunakan Dana, pengunjung harus menginstal aplikasi Dana dan mendaftar menggunakan nomor telepon. Kemudian mereka bisa top-up saldo Dana di sekitar area pintu masuk JFK melalui booth-booth yang tersedia.

Untuk melakukan transaksi, ada tiga metode pembayaran digital yang dihadirkan Dana di JFK 2019. Pertama, metode pembayaran menggunakan Kode QR statis, di mana konsumen cukup memindai Kode QR tersebut menggunakan fitur pemindai untuk melakukan pembayaran. Metode pembayaran ini tersedia di berbagai merchant UMKM yang ikut serta di event tahunan ini.

Dalam penggunaan metode ini, konsumen menginput sendiri harga yang ditawarkan.

Metode pembayaran menggunakan Kode QR statis (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Lalu metode kedua, pembayaran menggunakan mesin pemindai dengan teknologi proprietary milik Dana bernama Little White Box (LWB). Dengan mesin ini, pengguna cukup memindai Kode QR pada aplikasi Dana untuk melakukan pembayaran dengan kilat. Metode pembayaran ini digunakan pada loket-loket pembelian tiket dari berbagai merchant di JFK.

“LWB yang warna putih itu mostly untuk merchant-merchant besar kita dan itu diperuntukkan untuk merchant yang tidak bergerak. (Teknologi) itu kan lebih cepat, jadi user tinggal scan saja,” ujar Rendy Ray Tangkas, Strategic Program Manager Dana, saat ditemui di Main Booth Dana, di Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Metode pembayaran menggunakan mesin pemindai dengan teknologi terkini milik Dana (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Baca Juga:
Dompet Digital Dana Sediakan Opsi Bayar Zakat dan Donasi Secara Mudah

Sementara itu, dilanjutkan Randy, metode ketiga menggunakan mesin EDC khusus untuk memindai Kode QR pada aplikasi Dana milik konsumen. Metode pembayaran ini diterapkan di berbagai mobile merchant serta merchant-merchant JIExpo. Salah satunya bagi penjaja kerak telor yang juga sudah disentuh teknologi ini.

Metode pembayaran menggunakan mesin EDC khusus untuk memindai kode QR (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Selain menawarkan teknologi pemindaian Kode QR serta ketiga metode pembayaran digital terkini, fitur penyimpanan kartu debit ataupun kartu kredit yang ada pada dompet digital Dana juga akan memudahkan konsumen dalam berbelanja dan berekreasi bersama teman-teman dan keluarganya di Jakarta Fair Kemayoran.

Bicara target, pihak Dana tidak muluk-muluk mengejar nominal tertentu dan kenaikan pengguna secara prosentase. Yang jelas mereka mementingkan experience pengguna dapat berjalan nyaman dan lancar saat menggunakan layanan financial technology besutan anak bangsa tersebut.

Tidak hanya lebih mudah, menariknya lagi pengguna juga akan disuguhkan sederet promo berupa program cashback dan hadiah menarik.

Berikut beragam program yang disediakan Dana di ajang JFK 2019:

  1. Cashback sebesar 50% atau maksimal Rp20.000 untuk pembelian tiket masuk. Promo berlaku 1 akun pengguna dengan maksimal transaksi 1x selama ekshibisi berlangsung.
  2. Cashback sebesar 30% atau maksimal Rp15.000 untuk pembelian produk makanan dan minuma. Promo berlaku 1 akun pengguna dengan maksimal 5x transaksi selama JFK berlangsung.
  3. Cashback sebesar 30% atau maksimal Rp25.000 untuk pembelian produk kecantikan, fashion, dan perlengkapan lainnya. Maksimal per akun 3x transaksi selama JFK 2019.
  4. Cashback sebesar 50% atau maksimal Rp20.000 untuk wahana permainan. Per akun maksimal 2x transaksi selama JFK 2019.