HomeGadgetService iPhone 13 di Bengkel Tak Resmi Bisa Rusak Face ID

Service iPhone 13 di Bengkel Tak Resmi Bisa Rusak Face ID

Technologue.id, Jakarta – Mahalnya ongkos perbaikan layar iPhone di service center membuat banyak pengguna lebih memilih bengkel perbaikan tak resmi. Tapi ternyata ini sangat berbahaya untuk kesehatan perangkat.

Menurut laporan iFixit, perbaikan layar iPhone di bengkel perbaikan tak resmi justru dapat menyebabkan kerusakan, terkhusus untuk iPhone 13, ini berpotensi untuk merusak fungsi Face ID pada perangkat.

Baca Juga:

Daftar Harga iPhone 13 Series di Indonesia

Dikatakan bahwa kerusakan Face ID bisa terjadi karena komponen mikrokontroler berukuran Tic-Tac yang ditemukan di bagian bawah layar, seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (6/11/2021).

“iPhone 13 dihubungkan ke layar menggunakan microcontroller berukuran kecil, dalam kondisi teknologi perbaikan yang kerap disebut dengan nama serialization. Apple belum menyediakan cara bagi bengkel tak resmi untuk memperbaikinya,” kata iFixit.

iFixit mencatat, hanya bengkel perbaikan resmi dan teknisi yang memiliki akses ke software resmi yang memungkinkan mereka untuk menyinkronkan nomor seri.

Baca Juga:

Tes Kamera: Google Pixel 6 Pro Ungguli iPhone 13 Pro

“Teknisi resmi dengan akses propiertary software, Apple Service Toolkit 2, dapat membuat layar baru berfungsi, dengan mencatat perbaikan ke server cloud Apple dan menyinkronkan nomor seri ponsel dan layar,” terangnya.

Ini artinya, meskipun pengguna bisa mendapatkan penggantian layar baru dari bengkel oerbaikan tak resmi, hal tersebut akan mengorbankan fitur penting iPhone, yakni FaceID.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More