Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Setelah Dipakai Mudik, Komponen-komponen Mobil Ini Wajib Dicek di Bengkel
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kewajiban menjaga kondisi mobil tidak selesai saat sampai ke rumah setelah mudik Lebaran. Ini merupakan momen krusial untuk memastikan mobil tidak ada kendala setelah berjalan ratusan bahkan ribuan kilometer dengan kondisi berkendara yang berat dan tidak terduga.

“Mudik Lebaran telah usai, jangan lupa pastikan tidak ada masalah pada mobil. Selain jarak tempuh yang panjang, durasi berkendara yang lebih lama akibat macet membuat mesin bekerja ekstra berat. Ditambah muatan mobil penuh, hujan deras, dan risiko menabrak lubang dengan kecepatan tinggi dapat menurunkan kondisi kendaraan,” jelas Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga:
Tak Cuma Lokal, Hyundai Juga Melempem di Pasar Otomotif Global

Setelah pulang ke rumah, lakukan langkah pengecekan beberapa komponen penting untuk memastikan tidak ada masalah berarti yang dapat mengganggu kinerja mobil berikut ini:

Ban Mobil Bekerja Paling Berat
Posisinya yang langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan membuat ban harus bekerja keras di momen mudik Lebaran. Untuk itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah.

Lihat tanda keausan telapak ban dan segera ganti ban jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban mobil yang rusak akan memicu masalah besar jika diabaikan.

Kaki-kaki Mobil Jangan Diabaikan
Perhatikan kaki-kaki mobil dari rembesan oli, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah. Shock absorber tidak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

Cek Kondisi Oli Mesin
Oli mesin berfungsi melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu melepaskan panas mesin, dan membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. Cek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, kalau sampai warnanya berubah coklat susu merupakan indikator tercampur air.

Cairan Rem Harus Bersih
Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem.

Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor. Gunakan TMO Brake Fluid untuk menambah cairan rem yang berkurang.

Radiator Coolant Harus Penuh
Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh yang wajib dikuras supaya tidak bermasalah. Gunakan TMO Radiator Coolant untuk fungsi pendingin paling optimal.

Baca Juga:
Kalah dari Wuling, Penjualan Mobil Hyundai Tak Sampai 2.000 unit di Maret 2024

Periksa Cairan Kendaraan Lainnya
Cairan mobil seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, bersama cairan power steering hidrolis wajib diperiksa kembali. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna karena berarti ada masalah yang harus segera ditangani.

Bersihkan Kabin Mobil
Kabin mobil pasti kotor saat mudik Lebaran, terutama kalau membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

SHARE:

Teknologi 5G Jadi Akselerator Visi Indonesia Emas 2045

Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Caroline Perluas Jaringan di Tangerang Selatan