Home Gadget Setelah Ponsel, USB-C Incar Headset VR

Setelah Ponsel, USB-C Incar Headset VR

Ilustrasi perangkat VR (source: Samsung)

Technologue.id, Jakarta – Setelah muncul di beberapa perangkat smartphone, penggunaan USB-C kini semakin meluas ke laptop dan desktop PC. Dan nantinya yang akan memanfaatkannya kemungkinan adalah headset VR.

Baca juga:

Oculus Go, “Mainan” Baru Facebook Resmi Rilis

Mengutip dari TheVerge.com (20/07/2018), sebuah konsorsium industri VR yang beranggotakan AMD, Nvidia, Oculus, Valve, dan Microsoft bernama VirtualLink baru saja mengumumkan bahwa ke depannya akan dibutuhkan banyak sekali kabel yang dibutuhkan untuk mengoneksikan headset VR ke PC, dan koneksinya akan menggunakan USB-C.

Baca juga:

Facebook Siap Kembangkan Kamera VR Profesional, Harga dan Speknya?

Standar baru tersebut nantinya bisa menjadi salah satu perkembangkan yang signifikan bagi industri VR, lantaran saat ini perangkat VR masih menggunakan uda kabel, yakni USB dan HDMI. Dengan begitu, semuanya akan menjadi satu ke USB-C.

VirtualLink mengusulkan USB-C sebagai konektor standar juga akan membuat perangkat VR tak cuma bisa dinikmati oleh desktop PC maupun laptop, tetapi juga perangkat yang lebih kecil lagi, seperti smartphone dan tablet. Pasalnya, port USB-C yang ada pada berbagai perangkat dianggap mampu mengirimkan daya dan data dalam satu kabel yang sama.

Baca juga:

Perangkat VR untuk Xbox Bakal Tiada

Standar baru tersebut rencanakan akan diimplementasikan oleh VirtualLink pada hardware generasi berikutnya. Sementara untuk perangkat VR yang ada sekarang, pengguna masih harus memasang beberapa kabel untuk instalasinya.