Technologue.id, Jakarta – Kemarin Galaxy Note 7 akhirnya resmi masuk ke pasaran Indonesia. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meluncurkan phablet terbarunya ini dengan berbagai spesifikasi serta fitur terdepan diantara seri terdahulu.

Namun, kenapa jika tahun lalu Samsung mengeluarkan Galaxy Note 5 lantas versi kelanjutannya hadir dengan sebutan Galaxy Note 7 yang notabennya telah ‘melangkahi’ angka 6? Simak penuturan dari jajajaran petinggi sekaligus ahlinya di perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Technologue.id mendapatkan jawabannya, sesaat setelah acara peluncuran Samsung Galaxy Note 7 berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta kemarin (23/8/2016).

Hampir seluruh teknologi inovasi yang disematkan pada Galaxy Note 7 merupakan the latest dari Samsung. Sehingga alasan kenapa lompatan dari Note 5 ke Note 7 karena berbagai teknologi terkini yang hadir pada phablet tersebut mampu disejajarkan dengan seri Galaxy S7.

“Banyak sekali fungsi-fungsi premium yang memang kita implementasikan dari Galaxy S7 juga hadir di Galaxy Note 7,” kata Vebbyna Kaunang selaku IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia.

- Advertisement -

Meski teknologinya sendiri yang dianggap bisa menyamai generasi Galaxy S7 namun dengan adanya fitur seperti Iris Scanner membuatnya tetap lebih mudah untuk diferensiasi oleh konsumen.

“Jika melihat fitur-fiturnya, yang menjadi pembeda utama antara seri Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge terutama adalah sistem keamanan dengan pemindaian selaput mata. Meski begitu, buka berarti fitur Finger Print tidak secure, karena itu juga sudah punya standar kualitas tinggi. Akan tetapi Iris Scanner jauh lebih aman lagi,” jelas Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

BACA JUGA: SAMSUNG GALAXY NOTE 7 RESMI DIBOYONG KE INDONESIA, BERIKUT 7 FAKTA UNIKNYA!

Selain fitur keamanan, Denny juga menambahkan, bahwa bentang layar seluas 5,7 inci dengan resolusi sudah Quad HD Super AMOLED pada Galaxy Note 7 memiliki teknologi terkini yang inovatif. Samsung Galaxy Note 7 disebutkan sebagai smartphone pertama yang membenamkan teknologi HDR (High Dynamic Range) untuk video streaming.

“Fitur HDR yang baru ada di seri Galaxy Note 7 sebenarnya canggih. Bahkan teknologi ini menjadi yang teranyar di ranah industri perangkat televisi. Dan sekarang, Samsung untuk pertama kalinya meng-embed teknologi tersebut kedalam smartphone,” ungkap Denny lagi.

Lebih lanjut, soal display bagi pria berkacamata ini, berkat desain layar Dual Edge pada bagian depan dan belakang membuat Samsung Galaxy Note 7 terlihat lebih seamless.

Dipertegas kemudian, Vebbyna berujar, walau dirasa sejajar dengan Galaxy S7 namun tambahan stylus S Pen yang hanya ada di perangkat Galaxy Note 7 turut menjadi kelebihan utama disbanding seri Galaxy S7. “Tak cuman tahan air, S Pen juga sekarang ketika dimasukkan kedalam slot pena tidak bisa dibolak balik yang mengakibatkannya cepat rusak,” tambah Vebbyna.

BACA JUGA: UNBOXING: SAMSUNG GALAXY S7 EDGE, PONSEL TERPOPULER 2016

Untuk spesifikasi, ponsel cerdas seharga Rp 10,777,000 ini didukung Samsung Galaxy Note 7 membawa performa cepat berkat prosesor versi sama dengan Galaxy S7, yakni Exynos 8890. Phablet andalan terbaru Samsung ini berbekal teknologi octa core dengan kecepatan 2,6 GHz dan 1,6 GHz. Besaran RAM 4 GB, dipadu memori internal 64 GB. Bisa rasanya kurang besar, Samsung juga menyiapkan slot micro SD yang bisa dijejali kapasitas hingga 256 GB. Belum puas, baterai sebesar 3,500mAh juga disematkan untuk mampu bertahan lama saat dibawa bekerja. Soal kamera, ponsel jumbo ini punya kamera belakang 12MP dan depan 5MP dengan bukaan lensa f1.7 agar pengguna bisa menangkap momen baik pada siang maupun malam hari.

BACA JUGA: SAMSUNG GALAXY NOTE 7 ANDA JATUH DARI KANTONG? TAK USAH KHAWATIR!