Setelah Telkomsel, Hacker Isengi Indosat

Ilustrasi Indosat Ooredoo (source: Indosat Ooredoo)

Technologue.id, Jakarta – Saat peretasan terhadap situs resmi Telkomsel masih hangat diperbincangkan, musibah serupa menimpa Indosat Ooredoo. Redaksi mendapati situs arena.indosatooredoo.com tidak beroperasi sebagaimana mestinya.

Tertera pula keterangan dalam Bahasa Inggris kalau situs itu telah diretas oleh Cepz Decoded yang sekaligus meninggalkan jejak berupa surel cepzdecoded@outlook.com. Kendati demikian, tak ada makian, umpatan, atau keluh kesah si hacker terkait Indosat, tak seperti kasus yang menimpa Telkomsel atau tagar #IndosatLemot yang menjadi trending topic di Twitter.

Subdomain Indosat Ooredoo diretas (source: Technologue.id)

Kami lantas mencoba menjangkau ‎Head of Corporate Communications Group of Indosat Ooredoo, Deva Rachman. Secara implisit, pihak Indosat tak terlalu mempermasalahkan serangan ini karena kepemilikan dan pengelolaannya bukan atas nama Indosat.

“Subdomain tersebut dimiliki dan dikelola oleh partner kami dan situs tersebut sudah lama tak aktif,” kata Deva (29/04/17) pada Technologue.id lewat pernyataan tertulis.

Masih menurut Deva, kejadian ini dijadikan pelajaran bagi Indosat untuk segera mengevaluasi prosedur dan pengaturan penggunaan situs subdomain yang menggunakan nama Indosat. Aktivitas bersih-bersih juga akan mereka agendakan terhadap situs-situs microsite partner yang mengandung promosi yang lama tak aktif dan relevan.

“Untuk menyikapi kejadian ini, maka perlu dilakukan usaha bersama untuk terus mendorong adanya nilai-nilai positif serta etika baik dalam penggunaan data internet oleh masyarakat maupun layanan data oleh operator agar akses dunia digital yang merata dan berkeadilan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Sesaat sebelum berita ini diturunkan, tak tersisa bekas serangan terhadap arena.indosatooredoo.com. URL-nya pun sudah berganti menjadi https://indosatooredoo.com/en/personal/contentservices/kontenarena/.

 

Baca juga:

#IndosatLemot, Kritik Lain Netizen pada Operator Mapan Nasional

XL dan Indosat Sindir Telkomsel, Tapi Mulut Netizen Lebih Pedas

Kuota Telkomsel Mahal, Lambe Turah Jarang Update?