Shooper jadi Solusi Penghematan Pengeluaran Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Technologue.id, Jakarta – Pandemi COVID-19 telah memberikan berbagai dampak sosial dan ekonomi di antaranya menurunnya pendapatan rumah tangga, hingga tidak sedikit yang kehilangan mata pencaharian. Shooper, database engine offline grocery atau aplikasi pencari harga produk keperluan sehari-hari, pertama dan satu-satunya di Indonesia, hadir dengan berbagai fitur yang mampu untuk membantu menghemat pengeluaran rumah tangga.

Budaya gotong royong yang melekat di jiwa masyarakat Indonesia menjadi esensi utama terciptanya Shooper. Melalui Shooper, pengguna diajak untuk saling bergotong royong melalui penerapan teknologi dengan berbagi informasi harga produk keperluan sehari-hari yang di jual di berbagai minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline di seluruh Indonesia, untuk saling membantu sesama pengguna. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan mengunggah struk belanja mereka ke aplikasi Shooper.

“Ide awal berdirinya Shooper berawal dari sekumpulan ibu rumah tangga di kawasan Bintaro yang saling berbagi informasi harga barang termurah, dan tidak disangka informasi yang sederhana ini memberikan manfaat bagi banyak orang. Dengan Shooper, pengguna bisa mendapatkan informasi harga untuk berbagai barang rumah tangga, termasuk dimana harus membelinya. Sehingga pengguna dapat membandingkan harga dan membeli barang dengan harga termurah,” ucap Oka Simanjuntak, CEO & Founder Shooper.

Faktor harga merupakan hal yang terpenting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Menurut sebuah survei yang dilakukan Mckinsey & Company, kondisi perekonomian yang menurun diakibatkan pandemi COVID-19 saat ini, mendorong masyarakat untuk lebih selektif dalam menentukan barang apa yang hendak dibeli dan dimana harus membelinya dengan harga lebih murah. Namun selama ini informasi harga barang-barang yang di jual di minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline masih sangat terbatas dan tidak dapat ditemukan secara online. Informasi yang beredar pun umumnya dalam bentuk katalog dan hanya menampilkan barang-barang promo di toko offline tersebut.

Penghematan untuk belanja rumah tangga sangat penting mengingat menurut Bank Dunia, pengeluaran terbesar untuk rata-rata rumah tangga di Indonesia adalah pengeluaran kebutuhan rumah tangga (grocery), yaitu sekitar 49% dari total pengeluaran.

Shooper menerapkan teknologi yang memanfaatkan metode crowdsource seperti layaknya perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Facebook, Instagram, TikTok, maupun YouTube. Dengan menggunakan teknologi Human Augmentation, yang merupakan penggabungan dari Artificial Intelligence dengan Human Interaction, data yang didapat dari setiap struk belanja yang diunggah oleh pengguna akan dikumpulkan, dianalisis dan di olah kembali sehingga dapat memberikan informasi harga yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh para pengguna.

Hadir sejak April 2020 yang lalu, Shooper telah memiliki informasi harga hingga lebih dari
10,000 minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline di seluruh Indonesia dan telah membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran hingga ratusan ribu rupiah pada setiap bulannya. Berdasarkan pengalaman yang dibagikan oleh pengguna Shooper, disamping fungsi utama sebagai groceries database engine, fitur lain yang sering digunakan adalah Shooper Track. Melalui fitur ini pengguna akan mendapatkan informasi pengeluaran bulanan yang mendetail dan membantu mereka mengatur anggaran rumah tangga dengan lebih pintar. Pengguna juga bisa mengetahui histori belanja mereka, dan menganalisa apakah ada pengeluaran yang tidak perlu.

Selain itu, setiap kali pengguna berbagi informasi dengan mengupload struk belanja, mereka akan mendapatkan ShooperPoint, yang merupakan universal point-reward. Pengguna dapat mengumpulkan point ini dan menukarkan dengan berbagai hadiah-hadiah menarik seperti handphone Samsung, produk elektronik dan voucher belanja dengan nilai tunai mulai dari IDR 50,000 ribu,. Sementara bagi pengguna yang hobi memasak, melalui fitur ShooperChef, mereka dapat berbagi dan mendapatkan berbagai macam resep kreasi dari para pengguna Shooper. Shooper tersedia untuk Android dan dapat diunduh melalui Play Store.

Latest News

Prosesor Intel Core Generasi ke-11 Resmi Meluncur di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Intel resmi menghadirkan prosesor terbarunya di Indonesia, yakni Intel Core Generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe. Prosesor yang...

Wow, Game Super Mario Bros 3 Pecahkan Rekor jadi Game Termahal di Dunia!

Technologue.id, Jakarta - Super Mario Bros 3 pecahkan rekor jadi game termahal di dunia, setelah kaset game yang dirilis tahun 1990 itu...

Tri Indonesia Perluas Jaringan 4.5G Pro di Kalimantan

Technologue.id, Jakarta - Operator selular 3 (Tri) Indonesia telah meningkatkan dan menambah layanan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat di...

Bio Inc. Redemption, Game Simulator Malapraktik Medis yang Bakal Hadir ke iOS dan Android

Technologue.id, Jakarta - DryGin Studios jadi terkenal karena game simulator biomedisnya. Hingga kini, seri ini sudah diunduh lebih dari 17 juta kali....

Q3 2020, realme Alami Pertumbuhan Pesat

Technologue.id, Jakarta - realme berhasil mencetak pertumbuhan pesat di kuartal ke-3 (Q3) tahun 2020 ini. Tak tanggung-tanggung, angkanya mencapai 132% dari periode...

Related Stories