Technologue.id, Jakarta – Setelah menunggu dari Maret, akhirnya fitur mahal dari Samsung Galaxy S8 segera bisa dinikmati penggunanya di seluruh dunia. Vendor asal Korea Selatan itu telah mengunggah video teaser yang menyatakan kalau asisten virtual bikinannya itu akan dipasok secara global mulai hari ini (22/08/17).

Meski berdurasi amat singkat, yaitu 7 detik saja, pesan dari video teaser tersebut amat jelas. Pengguna Samsung Galaxy S8 di Indonesia pun akhirnya mendapat kepastian kapan bisa memaksimalkan salah satu fitur mewah dari flagship itu.

Baca juga:

Sama-sama Berbaterai Jumbo, Ini 3 Musuh Infinix Note 4 di Indonesia

Siap-siap Indonesia! Asisten Virtual Samsung Mulai Dirilis Global
Teaser resmi Bixby rilis global (source: Twitter / SamsungSLife)

Ya, sebenarnya Indonesia adalah pasar penting bagi Samsung. Bukti sederhananya, perusahaan berumur lebih dari 70 tahun tersebut sudah menyediakan Galaxy S8 awal Mei kemarin, kendati ponsel itu sendiri baru pertama kalinya dijual ke pasaran pada 21 April 2017. Perilisan yang cuma berjarak 2 mingguan ini menandakan bahwa Samsung tak sabar untuk menawarkan karya terbaiknya sejauh ini pada konsumen Tanah Air.

Baca juga:

Google Resmikan Android Oreo, Bagaimana Fiturnya? Kapan Anda Bisa Install?

Bixby faktanya datang terlambat. Baru tersedia di awal-awal dalam bahasa Korea, Samsung mengaku kesulitan “mengajari” Bixby bahasa Inggris karena big data mereka kurang menunjang. Praktis, ketersediaan artificial intelligence (AI) tersebut ke Amerika Serikat sempat ditunda.

Baca juga:

Xiaomi-Google Ciptakan Smartphone Baru untuk Konsumen Indonesia?

Di samping itu, ketersediaan Bixby mendekati akhir Agustus ini juga dapat dijadikan faktor yang menambah kemeriahan peluncuran Galaxy Note 8 besok (23/08/17) di New York. Sama seperti Galaxy S8, suksesor Galaxy Note 7 yang sempat mengalami kecacatan pada baterainya itu turut dibekali dengan tombol dedicated untuk memanggil Bixby.