Technologue.id, Jakarta – Marketplace, Shopee, kembali menghadirkan perayaan belanja yang akan diselenggarakan pada 11 November 2018 mendatang. Kampanye Shopee 11.11 Big Sale ini memberikan pelanggan Shopee banyak pilihan diskon menarik dan festival tematik harian selama dua minggu, mulai dari 25 Oktober sampai perayaan puncak di tanggal 11 November itu. Tak ketinggalan tentunya layanan ciri khas Shopee, yaitu gratis biaya kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

“Strategi di 11.11 ini kami adalah user first. Program ini ditujukan bagi konsumen yang mencari diskon besar-besaran. Ada massive deals yang akan bagi-bagi hadiah dan flash sale. Lalu ada inovasi terbaru kami, yaitu game in-app bernama kuis Shopee,” ujar Handhika Jahja, Director of Shopee Indonesia, saat mengumumkan kehadiran Shopee 11.11 Big Sale, di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Baca juga:

Berkah 9.9, Shopee Pecahkan Rekor Penjualan Terbesar

Seperti disebutkan Dhika, di periode 11.11 tahun ini ada beberapa promo yang diangkat. Selain diskon besar hingga 90 persen, ada juga penawaran menarik seperti gratis ongkir 11 kali, flash sale Rp 11, dan goyang Shopee dengan total koin Rp11 miliar.

- Advertisement -

Untuk produk digital, semisal penjualan pulsa, ada ekstra cashback yang ditawarkan menemani promo 11.11 Pulsa, Tagihan, dan Game Day.

Ini adalah tahun ketiga perusahaan e-commerce tersebut mengadakan perhelatan belanja online tahunan di tiap bulan November. Sebelumnya, Shopee sudah menggelar festival belanja di bulan September lalu bernama 9.9 Super Shopping Day. Antusiasmenya diklaim sangat besar karena mampu membawa lonjakan transaksi cukup tinggi.

Baca juga:

Shopee Sempat Alami Sistem Down saat Event 9.9

“Pada Shopee 9.9 kemarin, ada 5,8 juta transaksi dalam satu hari itu di tujuh negara Asia Tenggara.” ungkapnya. Jumlah transaksi tersebut lebih besar daripada capaian Shopee pada kampanye yang sama tahun lalu dan meningkat tiga kali lipat dibandingkan transaksi pada hari biasa.

Untuk event 11.11 nanti, perusahaan berharap ada kenaikan signifikan mengingat “demam” belanja selalu lebih tinggi selama kuartal keempat di setiap tahun.

Demi memenuhi tingginya lonjakan permintaan, Shopee telah menyiapkan infrastruktur, baik dari sisi fisik maupun nonfisik. Persiapan sudah dilakukan sejak berbulan-bulan lalu. Dengan begitu, perusahaan ingin memastikan semua siap secara matang, baik dari sisi logistik dan payment gateway.

Baca juga:

Potensi Besar, JNE Ikut Andil Bangun Ekosistem Bisnis E-commerce

Dari sisi persediaan produk pun dilaporkan ada sekitar 220 juta item yang bisa diburu pembeli. Kategori yang paling laris antara lain produk kecantikan, fashion, serta handphone dan aksesoris.

Shopee Indonesia tidak hanya menonjolkan produk-produk dari partner brand eksklusif saja. Dikatakan Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, namun juga mengangkat produk lokal yang diproduksi oleh para seller lokal.

“Saat ada acara seperti ini, trafik tentu akan sangat tinggi. Nah, UKM ini secara exposure akan dapat organic buyers. Selain itu, kita juga banyak highlight produk mereka, entah di flash sale atau di beberapa kategori tertentu. Selalu ada pasar UKM yang punya nilai sendiri buat konsumen,” tutur Rezki di kesempatan acara yang sama.

Dikatakan Rezki, aplikasi Shopee telah diunduh sebanyak 61 juta kali, yang mampu memberikan kontribusi sebesar 40 persen dari keseluruhan bisnis Shopee.