Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sistem Ini Mungkinkan Anda Ngobrol dan Kontrol AI Lewat "Telepati"
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Siapa yang tak kenal Siri? Asisten virtual besutan Apple itu diproyeksikan untuk meringankan aktivitas user karena bisa mendengar dan mematuhi perintah suara. Siri bisa merespons beragam voice command, semacam mengecek cuaca hari ini hingga menelepon seseorang yang ada di kontak. Kemampuan yang sama sejatinya juga dipertontonkan artificial intelligence (AI) dari perusahaan lain macam Google Assistant atau Cortana. Akan tetapi, ada satu sisi di mana Siri dan kedua kompetitornya itu kalah telak dengan inovasi dari MIT berikut.

Baca juga:

Microsoft: Pemanfaatan Artificial Intelligence di Indonesia Sudah Masif

AlterEgo, sebagaimana sistem wearable itu disebut, memungkinkan manusia berbicara dengan mesin, asisten berbasis AI, hingga orang lain tanpa perlu membuka mulut apalagi bersuara. Penggunanya hanya perlu berbicara dengan dirinya sendiri, karena wearable tersebut akan menangkap sinyal elektrik halus yang diinduksi oleh alat ucap yang bersangkutan. Sementara untuk saling berinteraksi dengan pengguna lainnya, AlterEgo memanfaatkan earphone konduksi tulang. Ya, dengan sistem ini, seakan-akan Anda bisa berkomunikasi baik ke sesama manusia maupun ke mesin lewat telepati.

Baca juga:

Mesin Cuci Ini Bertenaga Artificial Intelligence, Lebih Bersih Mencucinya?

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=RuUSc53Xpeg&feature=youtu.be[/embed] Yang menarik, dalam video demonya, dipertontonkan pula kebolehan dari AlterEgo ini sebagai asisten virtual macam Siri. Contohnya, pemakai wearable ini dapat memilih kanal favoritnya di smart TV tanpa remote control atau aplikasi lain, menanyakan jam, sampai berhitung. "AlterEgo bertujuan untuk menggabungkan manusia dan komputer – yang nantinya komputasi, internet, dan AI tersebut akan membentuk 'kepribadian kedua' manusia dan menambah pengetahuan sekaligus kemampuan manusia," begitu deskripsi proyek yang digawangi Arnav Kapur dan Pattie Maes, seorang profesor MIT.

Baca juga:

Negara Ini Kembangkan Artificial Intelligence untuk Buru Video Ekstrimis!

Kira-kira, kapan ya AlterEgo bisa diproduksi secara massal dan dipakai banyak orang? Ada yang ingin momen itu segera tiba?

SHARE:

Rumor iPhone 16 Miliki Peningkatan Sensor Kamera dan Fitur AI

Oppo Perkenalkan Model Google Gemini pada Smartphone AI