Sistem Star Rating Ditingkatkan, Alibaba.com Dongkrak Dukungan Bagi Pemasok Global

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Alibaba.com, platform perdagangan B2B (Business-to-business) global terkemuka, melakukan pembaruan pada sistem rating pemasoknya guna mendorong para pemasok global dalam memanfaatkan berbagai keuntungan, serta terhubung dengan pembeli dari berbagai penjuru dunia. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif Alibaba.com dalam mendukung bisnis berorientasi ekspor untuk berkembang melalui digitalisasi, inisiatif ini merupakan kelanjutan dari Project Sprout-up yang diluncurkan pada awal tahun lalu untuk memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di berbagai negara, termasuk di Indonesia, untuk go online dan go global di tengah pandemi.

Para pemasok Alibaba.com sebelumnya dinilai melalui kapabilitas e-commerce mereka secara umum berdasarkan tiga aspek utama, yakni kapabilitas produk, layanan, dan pemasaran. Pemasok dengan Star Rating 1 hingga 5 dapat menikmati search ranking yang sudah ditingkatkan, dan para pemasok dengan performa yang lebih baik akan mendapatkan kesempatan promosional. Keuntungan ini tidak berlaku bagi para pemasok yang tidak memenuhi persyaratan Star Rating.

Dengan kerangka Star Rating yang baru, para pemasok dengan Star Rating 1 hingga 5 akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, termasuk tampilan Star Rating agar dapat meningkatkan kepercayaan dari pembeli Alibaba.com, serta beroleh peluang untuk promosi lainnya melalui pameran dagang online, faviliun pemasaran, dan event lainnya yang diadakan melalui platform. Supplier dengan peringkat tinggi akan terus menerima inquiry dari pembeli, keuntungan utama dari sistem Star Rating sebelumnya.

“Di satu sisi, pandemi global telah memberikan tantangan bagi semua sektor, namun di sisi lain telah mendekatkan pembeli dan pemasok dari seluruh dunia melalui akselerasi digitalisasi bisnis dan meningkatnya interaksi secara online Kami berharap sistem penilaian pemasok ini dapat memotivasi semua pemasok di Alibaba.com, baik yang sudah fasih dalam perdagangan digital atau belum untuk terus menyasar hasil terbaik dari produk dan layanan yang mereka tawarkan, melalui berbagai peluang dan keuntungan ini,” ujar Zhang Juo, General Manager of Alibaba.com.

Sistem Star Rating yang diperbaharui ini bertujuan untuk membantu para pemasok di luar Tiongkok mendapatkan rating profil mereka di Alibaba.com dan bersaing dengan brand global lainnya secara lebih adil. Para pemasok akan mendapatkan berbagai sumber daya seperti program pelatihan mandiri dan akses ke berbagai insight untuk meningkatkan presensi online mereka, mulai dari bagaimana memberikan layanan bagi pembeli dengan lebih baik, hingga pemahaman akan bagaimana memposisikan produk mereka secara lebih efektif. Selain itu, Alibaba.com juga telah senantiasa memperkenalkan taktik penjualan baru seperti livestreaming dan konten video pendek untuk menarik lebih banyak pembeli.

Produsen arang, PT. General Carbon Industry, merupakan anggota Gold Supplier asal Indonesia di Alibaba.com dengan nilai dua bintang pada Star Ratingnya. Sejak bergabung dengan Alibaba.com, PT. General Carbon Industry telah melihat pertumbuhan bisnis yang stabil, dan saat ini mereka telah mengirimkan setidaknya dua kontainer produk setiap bulannya kepada para pelanggan di berbagai negara Asia, termasuk India, Sri Lanka, Bangladesh, Malaysia, dan Tiongkok.

“Dengan bergabung di Alibaba.com saja, itu tidak cukup untuk menghasilkan sebuah bisnis, Anda perlu merancang dan terus menyempurnakan strategi Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sistem Star Rating telah sangat membantu kami karena sistem tersebut memberikan arahan yang jelas terkait apa yang telah kami lakukan dengan baik dan hal apa saja yang perlu kami tingkatkan kembali. Kami percaya bahwa jika kami bekerja keras untuk memperoleh nilai Star Rating yang lebih tinggi, kami akan mendapatkan hasil bisnis yang baik,” ujar Tonny Tan, Pemilik PT General Carbon Industries.

Pembaruan sistem Star Rating ini merupakan kelanjutan dari komitmen Alibaba.com dalam setahun belakangan ini untuk terus membantu para pembeli dan pemasok dalam menghadapi tantangan yang disebabkan oleh pandemi global, serta berpartisipasi dalam perdagangan internasional terdigitalisasi. Alibaba.com telah mencatatkan peningkatan 54% year-on-year pada jumlah pemasok baru yang terdaftar pada periode April hingga September tahun 2020, dengan pertumbuhan 84% year-on-year pada pembeli aktif dalam periode yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Star Rating, silakan kunjungi https://activity.alibaba.com/ggs/Star_Rating.html

- Advertisement -

Latest News

Intip Spek dan Harga Redmi Note 10S Sebelum Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Redmi Note 10S dipastikan meluncur di Indonesia pada 18 Mei 2021 besok. Smartphone ini hadir melengkapi jajaran Redmi Note...

Pahami Syarat Transaksi COD di Masing-masing E-commerce

Technologue.id, Jakarta - Metode pembayaran tunai di tempat atau biasa disingkat COD tengah menjadi sorotan lantaran ada kasus konsumen yang enggan membayar...

5 E-commerce yang Sediakan Pembayaran COD

Technologue.id, Jakarta - Selain bank transfer, salah satu metode pembayaran yang masih diminati oleh konsumen e-commerce adalah bayar di tempat alias COD.

BTS dan BlackPink Beri Selamat Atas Mergernya Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Boyband asal Korea Selatan, BTS mengucakan selamat atas mergernya dua raksasa teknologi Gojek dan Tokopedia, Senin (17/5/2021). Ucapan selamat...

Wow, Game Resident Evil Laris 3 Juta Copy dalam 4 Hari

Technologue.id, Jakarta - Game Resident Evil: Village jadi seri terbaik di franchise Resident Evil saat ini. Cuma dalam waktu empat hari saja,...

Related Stories