IGC 2020, Jalan Telkomsel Rangsang Industri Mobile Gaming

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel melalui Dunia Games menggelar Gelaran kompetisi Indonesia Games Championship (IGC) 2020 untuk memperkuat ekosistem esport di Indonesia. Ajang ini merekrut 31.442 peserta/penggiat mobile game yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia.

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya.

Baca Juga:
Dunia Games Rilis Game Genre MMORPG, Rise of Nowlin

Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan dengan IGC 2019, dan sekitar 190% jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018.
Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020, dimana lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

“Beradaptasi dengan kenormalan baru di masa pandemi ini, Dunia Games juga berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi IGC 2020 tetap dapat diselenggarakan secara online. Hal ini dimaksudkan agar Dunia Games tetap dapat mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh, sekaligus berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi,” kata Auliya Ilman Fadli, General Manager Games and Publishing Telkomsel.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas, dimana keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali dan Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Baca Juga:
Dunia Games Kembali Gelar Liga eSport Terbesar di Indonesia

Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

“Dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan Esports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan Esports di Indonesia tak terbendung,” ujar Wijaya Nugroho, Business Development, Esports Manager Garena Indonesia.

IGC 2020 sendiri mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi tersebut telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang.

Rangkaian kegiatan IGC 2020 yang diselenggarakan secara online dapat disaksikan di berbagai channel digital Dunia Games serta aplikasi MAXstream.