Technologue.id, Jakarta – Beberapa tahun terakhir ini agaknya perangkat komunikasi berteknologi 4G LTE terus berdatangan. PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) merupakan salah satu provider telekomunikasi yang sedang serius menggarap pasar ponsel di Indonesia. Tingginya minat masyarakat dalam mengakses internet menggunakan ponsel pintar menjadi dasar bagi Smartfren yang berbasis teknologi 4G LTE Advanced.

Mengawali tahun baru 2017, Smartfren lantas memperkenalkan beberapa perangkat baru berteknologi 4G, yaitu smartphone Andromax L dan Andromax B, serta tak ketinggalan sebuah modem Andromax MiFi M33S. Ketiga produk anyar tersebut dibuat makin menarik dengan adanya program promo Gratis Internet Setahun (GIS).

“Menurut survei APJII, pertumbuhan handset 4G sekarang semakin pesat dan diprediksi bakal melampaui. Pada akhir 2016 saja sudah melewati kontribusi penjualan 3G,” ujar Derrick Surya, VP Brand and Marketing Communication Smartfren dalam acara peluncuran Rabu ini (25/1/2017) di Jakarta.

Untuk kedua seri Andromax L dan B dikatakannya punya target utamanya, yakni untuk mereka yang tadinya pengguna feature phone ingin beralih ke 4G LTE. Namun secara masing-masing ponsel cerdas ini punya pasar yang berbeda-beda. Jika Andromax L menyasar segmen middle, sementara Andromax B diperuntukkan bagi kalangan pengguna awal smartphone.

Lebih detil, Smartfren Andromax L yang lebih diunggulkan dari Andromax B memiliki berbagai fitur yang diklaim mampu mengakomodir kebutuhan multimedia, seperti bermain game, mendengarkan musik, sampai dengan berfoto-foto dengan lebih intens.

Smartfren Andromax L

Smartphone tersebut dibekali besarnya kapasitas RAM 2GB dan memori internal 16GB. Andromax L dengan ukuran layar 5 inci IPS HD diberi lapisan pelindung layar Dragontrail Glass 2,5D, serta tambahan teknologi Sunlight Invisibility Improvement (SVI) yang mampu menonjolkan tampilan warna saat diterpa sinar matahari. Untuk prosesor menggunakan quad-core Snapdragon 212. Kamera dibekali kemampuan 8MP untuk belakang, sedangkan kamera depan 5MP.

Lalu, untuk Andromax B dianggap Smartfren sebagai ponsel 4G terbaik dikelasnya. Dimana ponsel dirancang dengan jaringan 4G LTE Advance besutan Smartfren. Desainnya menawarkan tiga pilihan warna menarik, diantaranya hitam, putih-emas, dan emas. Kinerjanya didukung prosesor quad core 1.1 GHz Snapdragon 210. Pada layar seluas 4,5 inci IPS beresolusi FWVGA dengan teknologi layar SVI. Untuk penyimpanan, tersemat RAM 1GB dan ROM 8GB. Sementara kameranya, belakang 5MP dan depan juga 5MP.

Terkait Program GIS, kehadiran dua perangkat baru ini nantinya sudah sekaligus mendapatkan total bonus kuota internet sebesar 30GB selama setahun. Dengan syarat harus melakukan top up minimal Rp 60 ribu.

Soal harga, kedua smartphone  yang sudah berjalan diatas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini dipatok dengan harga relatif terjangkau. Smartfren membanderol Andromax L senilai Rp 1,3 juta, lantas Andromax B ditawarkan seharga Rp 850 ribu.

BACA JUGA:

Psstt… Ini Calon Dua Gadget Baru Smartfren

Adopsi Teknologi Anyar, Jaringan Smartfren Bisa Tembus Gedung Tinggi

Resmi, Smartfren Bukan Lagi Operator CDMA