Technologue.id, Jakarta – Salah satu produsen sensor kamera smartphone, Samsung dikabarkan baru saja mengumumkan sensor ISOCELL Bright GW1 yang memiliki resolusi 64 MP. Resolusi tersebut jauh lebih tinggi ketimbang sensor kamera smartphone lainnya yang kini beredar di pasaran.

Baca Juga:
Realme Mulai Unjuk Ponsel Kamera Selfie Pop Up

Mengutip dari TheVerge (08/05/19), sensor ISOCELL Bright GW1 sendiri menggunakan ukuran piksel sebesar 0.8μm. Ukuran ini juga sebelumnya sempat digunakan pada sensor 48 MP buatan Samsung. Dengan ukuran piksel yang sama namun resolusinya lebih tinggi, ISOCELL Bright GW1 diperkirakan bakal bisa menampung lebih banyak cahaya.

Untuk bisa menghasilkan resolusi hingga 64 MP, sensor Bright GW1 memproduksi empat buah hasil tangkapan yang beresolusi 16 MP lalu digabungkan menjadi satu. Sebelumnya, metode ini juga dilakukan pada sensor kamera beresolusi 48 MP mereka.

- Advertisement -

Baca Juga:
Sehebat Apa Kamera Utama OnePlus 7 Pro?

Diperkirakan, Samsung bakal mulai memproduksi sensor Bright GW1 tersebut pada pertengahan kedua tahun 2019 mendatang. Oleh karenanya, bisa jadi akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 nanti sudah ada smartphone yang mengadopsi sensor tersebut.

Hingga saat ini, sejumlah vendor smartphone sendiri masih mencoba untuk bisa menyematkan sensor kamera beresolusi 48 MP. Beberapa di antaranya adalah Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi dan lain-lain.