Technologue.id, Jakarta – Saat ini, Indonesia adalah salah satu pasar smartphone terbesar di dunia. Tak heran, banyak vendor ponsel yang berdesakan menjajakan produknya di sini. Namun menurut International Data Corporation (IDC), di kuartal awal 2016, Oppo-lah produsen yang paling ‘menang banyak’ di tanah air.

Berdasarkan data yang berhasil mereka himpun, ada 6,5 juta unit ponsel pintar yang laku di Indonesia periode Januari hingga Maret 2016. Dari jumlah itu, handset merek Samsung memang masih yang terpopuler. Akan tetapi kalau dibandingkan dengan Oppo, pertumbuhan per tahun keduanya sangat timpang.

Mengutip rilis yang dipublikasikan IDC (30/05/16), YoY Samsung pada Q1 2016 cuma 16 persen. Di sisi lain, Oppo meroket menjadi 187 persen. Menurut Reza Haryo, Senior Market Analyst IDC Indonesia, perusahaan dari Tiongkok itu begitu getol untuk mempromosikan F1, flagship yang mereka luncurkan di kuartal pertama tahun ini dengan mendorong retailer.

Adapun vendor lain yang juga sedang naik daun di Indonesia dengan pertumbuhan 24 persen, yakni Asus. Mirisnya, produsen lokal seperti Advan dan Evercoss gagal menjual lebih banyak produk dibanding tahun lalu, kendati masih menghuni klasemen lima besar vendor smartphone top di Tanah Air.

- Advertisement -

(Ulwan)