Smartphone Tiongkok Kuasai Pangsa Pasar Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sejak munculnya banyak merek smartphone asal Tiongkok yang menyambangi tanah air beberapa tahun lalu, perlahan-lahan mereka berhasil merebut hati para pengguna gadget baik segmen kelas bawah maupun menengah ke atas. Dan hal ini ditunjukkan oleh data yang baru saja dirilis oleh Counterpoint.

Mengutip dari GizChina (05/09/20), salah satu lembaga riset pasar itu mencatat bahwa selama kuartal kedua tahun 2020 ini, sejumlah vendor smartphone asal Tiongkok berhasil menempati posisi lima teratas yang menguasai pangsa pasar di Indonesia dan porsinya semakin bertambah jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2019 lalu.

Baca Juga:

Wow, Smartphone Asal China Mendominasi di AS


Data Pangsa Pasar Smartphone (Sumber: GizChina.com)
Pada posisi pertama di kuartal kedua tahun 2020 ini, pangsa pasar smartphone di Indonesia dikuasai oleh vivo dengan angka 21,2 persen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga, ada Oppo dengan angka 20,6 persen dan Samsung 19,6 persen.

Baca Juga:

Ponsel China Terinfeksi Malware, Peredarannya Hingga Indonesia

Sedangkan pada posisi keempat dan kelima, dipegang Xiaomi dengan porsi 17,9 persen dan realme dengan 13,6 persen. Sementara selebihnya masuk ke lain-lain dengan angka 7,1 persen. Dengan pangsa pasar tersebut, terlihat bahwa merek smartphone asal Tiongkok mendominasi sekitar 73,3 persen pasar Indonesia.

“Xiaomi menjadi pemimpin pasar dalam distribusi penjualan secara online dengan porsi 40 persen. Redmi 8A adalah smartphone dengan penjualan terbesar dari channel online, disusul oleh realme 5i, dan Redmi Note 8”, kata Deputy Director CounterPoint dalam risetnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories