Technologue.id, Jakarta – Sosok Andy Rubin belakangan ini sedang ‘panas’ dibicarakan oleh para pecinta gadget lantaran smartphone baru buatannya yang terkesan impresif walaupun sebenarnya belum dirilis di pasaran. Dan ternyata, berkat smartphone rancangannya pula, kini nilai valuasi perusahaan barunya meningkat pesat.

Mengutip dari GSMArena (14/08/17), perusahaan milik penggagas sistem operasi Android itu, Essential dilaporkan sudah memiliki valuasi sekitar US$1,2 miliar. Angka tersebut meningkat setelah mendapatkan dana investasi dari Foxconn sebesar US$3 juta.

Baca juga:

Eks CEO Uber Kesandung Kasus, Ada Apa?

Dengan valuasi perusahaan yang mencapai lebih dari US$1 miliar, Essential kini sudah bisa disejajarkan dengan berbagai perusahaan teknologi lainnya. Padahal, pada Juni 2017 lalu, valuasinya baru mencapai US$997 juta.

Baca juga:

Ini Tujuan XL Axiata Tambah Anggota Dewan Komisaris

Selain berhasil mendapatkan pendanaan yang cukup besar dari sejumlah perusahaan teknologi, meningkatnya nilai valuasi tersebut juga dikarenakan smartphone rancangan Rubin yang banyak menarik minat para operator telekomunikasi luar negeri.

Baca juga:

Selamat Tinggal, Opera Max!

Hingga saat ini, sudah ada sejumlah operator telekomunikasi besar yang melirik smartphone Essential PH-1, seperti Sprint dan Telus. Penyedia layanan e-commerce dan cloud computing seperti Amazon juga tertarik untuk bisa melakukan kerja sama secara eksklusif.