Cegah Corona, Smartwatch Bisa Ingatkan untuk Cuci Tangan

Technologue.id, Jakarta – Wabah Corona membuat banyak orang untuk mengubah kebiasaan dalam menjalani kehidupan. Salah satu di antaranya adalah kebiasaan cuci tangan yang mulai digalakkan lantaran diyakini bisa meminimalkan penyebaran virus tersebut. Dan kini, smartwatch pun bisa mengingatkan penggunanya untuk melakukan cuci tangan.

Mengutip dari TheVerge (14/04/20), sistem operasi smartwatch dan wearable buatan Google, Wear OS baru saja mendapatkan pembaharuan fitur yang memungkinkan perangkat untuk mengirimkan pengingat cuci tangan kepada pengguna secara periodik.

Baca Juga:
Honor Luncurkan Duo Smartwatch Keren

Kedatangan fitur baru tersebut ditandai dengan hadirnya aplikasi Google Clock versi 5.4.0. Dengan begitu, fitur pengingat cuci tangan sejatinya sudah terintegrasi secara langsung dengan gadget melalui aplikasi Clock tersebut. Secara default, pengingat akan mulai mengirimkan notifikasi setiap tiga jam sekali untuk mencuci tangan.

Walaupun cukup bermanfaat, jika merasa terganggu dengan fitur tersebut, pengguna bisa menonaktifkannya. Sayangnya, belum jelas perangkat apa saja yang sudah mendapatkan pembaharuan software untuk bisa menikmati fitur tersebut.

Baca Juga:
Seperti Apa Smartwatch Buatan Oppo?

Secara medis, mencuci tangan yang efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona sendiri dianjurkan untuk dilakukan selama 20 detik. Jika bosan menghitungnya, durasi tersebut sebenarnya kurang lebih sama dengan lagu selamat ulang tahun yang dinyanyikan sebanyak 2 kali.