SMS Tak Laku Selama Perayaan Natal

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Perayaan Natal yang diprediksi memberikan lonjakan lalu lintas telekomunikasi diklaim Indosat Ooredoo telah berhasil dilalui dengan baik. Operator layanan selular itu menyatakan jaringannya mampu melayani pelanggan di masa kenaikan trafik selama Natal 2016 dan liburan akhir tahun.

Pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar dimanapun mereka berada, berkat kesiapan kapasitas jaringan yang telah ditingkatkan untuk mengantisipasi kenaikan traffic akibat dari tingginya aktivitas masyarakat selama periode tersebut.

“Kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi pelanggan merupakan komitmen kami, terutama di masa-masa terjadinya kenaikan traffic telekomunikasi seperti saat Natal dan akhir tahun. Kami berharap layanan kami dapat mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun,” ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui berbagai aplikasi memberi pengaruh pada traffic secara umum. Trafik data di hari Natal meningkat menjadi sekitar 2,232.04 Terabyte/hari, atau naik 19,14 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Trafik voice nasional pada hari H mengalami peningkatan menjadi sekitar 384,78 juta menit, atau naik sekitar 0,28 persen dibandingkan dengan traffic voice reguler hari biasa. Peningkatan tertinggi traffic voice terjadi di area wilayah Sumatera Utara sebesar 7,70 persen, Sumatera Selatan sebesar 5,81 persen dan Jawa Timur sebesar 2,60 persen.

Sedangkan layanan SMS di hari H menurun menjadi sekitar 544,86 juta SMS, atau turun 1,44 persen dibandingkan traffic SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 92,91 persen dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90,73 persen.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya.

Indosat telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan data. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2,244 Juta menit/hari (37,4 juta Erlang/hari), kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 milyar SMS/hari, dan kapasitas layanan Data ditingkatkan menjadi 6,890 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center) yang berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Baca juga :
XL Luncurkan Paket Khusus Bagi Pelancong Internasional
Jualan Pulsa, Telkomsel Gandeng E-commerce Populer
Elevenia Mulai Gusur Pedagang Tanah Abang ke Digital

- Advertisement -

Latest News

Related Stories