Technologue.idGadgetSnapdragon 8 Gen 1 Lebih Ngebut 20% dari Snapdragon 888

Snapdragon 8 Gen 1 Lebih Ngebut 20% dari Snapdragon 888

Technologue.id, Jakarta – Qualcomm telah mengumumkan kehadiran chipset terbaru besutannya, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 menjadi chipset pertama yang memakai skema nama baru, bukan lagi tiga angka seperti generasi sebelumnya.

Qualcomm menyebut chipset ini hadir dengan sejumlah peningkatan di beragam lini, mulai dari performa, 5G, AI, gim, hingga Wi-Fi dan Bluetooth.

Baca Juga:
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Meluncur, Chipset Terbaik Saat Ini?

Snapdragon 8 Gen 1 juga menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang menggunakan arsitektur terbaru dari Arm, yakni Armv9. Chipset ini memiliki CPU Core utama ARM Cortex-X2 berkecepatan 3.0GHz, tiga Cortex-A710 2.5GHz, dan empat Cortex-A510 di kecepatan 1.8GHz.

Perusahaan menyebut Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan performa lebih baik hingga 20 persen dibandingkan Snapdragon 888. Selain performa, efisiensi daya chipset ini juga lebih baik, mencapai 30 persen.

Berkat arsitektur yang baru juga, daya baterai bakal lebih hemat 25%.

Terdapat mesin AI generasi ketujuh bernama Hexagon yang menyuguhkan kinerja AI empat kali lebih cepat dan 1,7 kali lebih hemat daya daripada sebelumnya. Qualcomm memang memfokuskan efisiensi daya pada prosesor generasi terbarunya.

Baca Juga:
Qualcomm Segera Rilis Prosesor Baru, Punya Nama Unik

Qualcomm mempertahankan fitur Elite Gaming pada chip flagship-nya. Di seri terbaru ini, Elite Gaming memiliki fitur andalan bernama Adreno Frame Motion Engine.

Fitur ini memungkinkan GPU membuat game yang dimainkan memiliki frame rate dua kali lipat lebih banyak meski menggunakan jumlah daya yang sama. Atau, ini dapat menjaga FPS tetap stabil walau daya direduksi sampai setengahnya.

Qualcomm telah mengkonfirmasi bahwa sejumlah vendor ponsel akan dibekali chipset gahar ini diantaranya Black Shark, Honor, Iqoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

- Advertisement -