Technologue.idGadgetSnapdragon 8cx Gen 3 Dirilis, Siap Tantang Prosesor Apple M1

Snapdragon 8cx Gen 3 Dirilis, Siap Tantang Prosesor Apple M1

Technologue.id, Jakarta – Masih dalam Snapdragon Tech Summit 2021, Qualcomm Technologies memperluas solusi portofolio untuk PC dengan memperkenalkan platform komputasi Snapdragon 8cx Gen 3.

Komponen ini menggantikan model 8cx Gen 2 yang meluncur tahun lalu dan menawarkan beberapa lompatan besar dalam kinerja.

Sistem seluler berbasis ARM ini akan menandingi prosesor Apple M1 dan membawa pengalaman baru ke gelombang laptop yang potensial di tahun 2022.

Baca Juga:
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Meluncur, Chipset Terbaik Saat Ini?

Dilansir dari The Verge (1/12/2021), 8cx Gen 3 adalah chip pertama untuk komputer Windows yang dibangun pada proses fabrikasi 5nm. Chip ini menjanjikan kinerja CPU hingga 85 persen lebih baik dan kinerja GPU hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan dengan 8cx Gen 2.

Selain itu, Qualcomm membanggakan bahwa chip barunya menawarkan “Performa 60 persen lebih baik per watt dibandingkan platform x86 yang kompetitif” — meskipun perusahaan ini tidak menyebut platform x86 mana yang dibandingkan.

Seperti yang diharapkan untuk chip laptop, fitur utama pada 8cx adalah konektivitas. Manufaktur chipset asal Amerika Serikat itu menawarkan dukungan untuk modem Snapdragon X55, X62, atau X65 5G (tergantung pada jenis kemampuan 5G yang ingin ditawarkan oleh produsen). Selain itu, 8cx Gen 3 akan mendukung Wi-Fi 6 dan 6E.

Peningkatan AI juga ada di sini. Ada Qualcomm Spectra ISP, yang menjanjikan fokus otomatis yang lebih baik, auto-white balance, dan eksposur otomatis untuk konferensi video, serta fitur noise dan echo cancellation untuk audio yang lebih baik.

Baca Juga:
Xiaomi 12 Akan Dibekali Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm juga menggembar-gemborkan bahwa chip tersebut mendukung “masa pakai baterai multi-day”. Perusahaan membanggakan kekuatan dan masa pakai baterai chip laptopnya sejak pertama kali mengumumkan 8cx asli pada tahun 2018.

Menurut Qualcomm, laptop Windows 11 pertama dengan Snapdragon 8cx Gen 3 akan keluar pada paruh pertama tahun 2022.

- Advertisement -