Technologue.id, Jakarta – Era digital saat ini membuat internet semakin punya posisi penting dalam kehidupan. Bukan rahasia bila kemudian internet yang bersifat netral akhirnya memiliki dampak positif dan negatif bagi masyarakat umum yang memanfaatkan akses internet.

Sadar akan dampak negatif internet yang bisa membahayakan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler Telkomsel membangun inisiatif agar internet dipakai secara baik. Inisiatif pun ini didukung berbagai lembaga swadaya masyarakat.

“Saya mengapresiasi langkah Telkomsel untuk menekan dampak negatif Internet dengan kampanye #internetBAIK,” jelas Menkominfo Rudiantara pada acara peluncuran program Internet Baik yang berlangsung di ruang serbaguna Kominfo, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menkominfo menilai program ini sejalan dengan gerakan sosiokultural yang dimiliki Kemkominfo, program Agen Perubahan Informatika (API). Program tersebut jadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) di seluruh Indonesia.

- Advertisement -

“Mari kita bergerak serentak dan saling bahu membahu dalam menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat melalui pemanfaatan Internet secara CAKAP dan BAIK,” jelas Menkominfo sekaligus meluncurkan buku In-CAKAP dan aplikasi API.id secara resmi ke tengah publik.

Aplikasi API.id sendiri berupa media online pemonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API).

Sementara buku IN-CAKAP dan komik Cakap Bermedia Sosial merupakan buku panduan yang berisi pedoman berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif, yang menuntun para pengguna internet agar dapat mengakses internet secara lebih baik sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku.