Technologue.id, Jakarta – Perusahaan asal Perancis, Dassault Systèmes, meluncurkan SOLIDWORKS 2019. Program desain 3D dan aplikasi teknik baru tersebut memuat fungsi-fungsi baru dalam proses pengembangan produk sehingga setiap produk dapat lebih cepat masuk dalam proses produksi.

Mengandalkan platform 3DExperience Dassault Systèmes, SOLIDWORKS 2019 mendukung proses desain hingga tahap produksi dengan kemampuan digital guna mengatasi tantangan-tantangan desain yang rumit dan memfasilitasi pekerjaan-pekerjaan teknis yang mendetail.

Baca juga:

LockApp.exe, Aplikasi “Mencurigakan” di Windows 10

Penerus SOLIDWORKS 2018 ini juga menawarkan teknologi dan alur kerja baru yang meningkatkan kolaborasi dan memungkinkan pengalaman interaktif yang imersif selama proses desain dan pengembangan teknis.

“Kami menggunakan SOLIDWORKS untuk mendukung implementasi teleskop Maunakea Spectroscopic Explorer yang berukuran 10 meter, yang akan membuka peluang-peluang penemuan ilmiah baru,” kata Greg Green, Mechanical Designer/Instrument Maker, Canada France Hawaii Telescope Facility.

Baca juga:

Google Kini Sediakan “Cashback” untuk Pembelian di Play Store

“Proses desain kami menghasilkan kumpulan data yang besar dan terus bertambah. Versi produksi akhir teleskop ini akan menyimpan lebih dari 100.000 bagian. Kami membutuhkan teknologi yang dapat menangani proyek desain besar, dan SOLIDWORKS mampu melakukannya,” imbuhnya.

Di antara fitur-fitur barunya, SOLIDWORKS 2019 menyajikan fleksibilitas desain sehingga dapat dengan cepat menginterogasi atau membuat perubahan pada sebuah model berkat penyempurnaan kemampuan Large Design Review.

Baca juga:

Lenovo Sematkan Snapdragon 850 ke dalam Laptop

Selain itu, SOLIDWORKS 2019 memungkinkan setiap tim untuk berkomunikasi di luar tim desain dengan menambahkan markup pada bagian-bagian tertentu dan rakitan secara langsung dengan menggunakan perangkat sentuh, kemudian menyimpannya dalam model tersebut, dan mengekspornya menjadi file PDF.

Fitur penting lainnya dari SOLIDWORKS 2019 adalah SOLIDWORKS Extended Reality (XR), sebuah aplikasi baru untuk mempublikasikan data scene CAD yang dibuat di SOLIDWORKS, termasuk pencahayaan, kamera, bahan, stiker, dan animasi-animasi motion study, dan kemudian mengalaminya dalam format VR, AR dan tampilan situs.

Gian Paolo Bassi, CEO, SOLIDWORKS, Dassault Systèmes, menuturkan, “Para desainer dan teknisi yang memprioritaskan kinerja desain, pekerjaan yang mendetail dan inovasi, serta yang mencari kemampuan bercerita dari VR dan AR yang kuat, dapat merasakan prototipe pengerjaan desain masa depan, di mana data desain digital memudahkan dalam memvisualisasikan bagian-bagian sebuah produk dalam bentuk 3D dan memperbaiki cara desain diterjemahkan dari bentuk virtual menjadi kenyataan.”