Solusi Twitter untuk Netizen Pinggiran

Twitter (endah@technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Tentu Anda menyadari, tak semua orang tinggal di daerah yang ‘dialiri’ oleh jaringan 4G LTE. Faktanya, tak sedikit masyarakat yang hanya bisa terkoneksi ke internet melalui jaringan 2G saja. Tak tanggung-tanggung, menurut pantauan GSMA Intelligence, hampir setengah atau 45 persen dari koneksi mobile global saat ini masih berada pada jaringan 2G.

Mencoba menyediakan solusi atas keterbatasan itu, Twitter menghadirkan Twitter Lite. Platform ini sangat pas dipakai netizen yang tak punya koneksi mumpuni atau jauh dari area perkotaan, tempat jaringan 4G biasa dihadirkan. Twitter Lite juga ramah terhadap ponsel lawas, karena hanya memerlukan kurang dari 1MB pada memori perangkat mobile Anda dan bisa memuat konten 30 persen lebih cepat.

Yang tak kalah menarik, Twitter turut melengkapi aplikasi versi ringannya dengan mode penghemat konsumsi data. Dengan mode ini, gambar dan video akan masuk mode pratinjau lebih dulu sebelum Anda benar-benar ingin melihatnya. Hal ini diklaim dapat mengurangi penggunaan data hingga 70 persen, sehingga menjadikannya lebih terjangkau bagi Anda untuk menggunakan Twitter di berbagai area dengan harga paket data yang mahal.

Mode penghemat data di Twitter Lite (source: Twitter)

Kendati demikian, pengguna Twitter Lite tetap bisa memanfaatkan fitur-fitur utama media sosial berlambang burung itu, mulai dari linimasa, direct message, mengunggah konten media, hingga memantau trending topic. Notifikasi ke homescreen pun dapat ditambahkan dengan pengaturan sederhana.

“Di mana pun Anda berada, kami ingin membuat Twitter menjadi cara terbaik untuk mendapat informasi real-time mengenai berita, olahraga, hiburan, politik, serta berbagai topik lainnya yang Anda gemari,” terang Patrick Traughber, Product Manager Twitter, dalam keterangan resmi perusahaannya (06/04/17).

Barangkali, apa yang dilakukan Twitter ini sedikit terlambat. Pasalnya, beberapa medsos telah mengeluarkan versi lite-nya, sebut saja Facebook hingga Line. Mungkin bagi Twitter, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Twitter Lite sudah bisa diakses oleh netizen dari seluruh penuru dunia dengan mengunjungi mobile.twitter.com.

 

Baca juga:

Twitter Bakal Sematkan Iklan pada Periscope

Apakah Twitter Bakal Mati di Tahun 2017?

Aneh, Twitter Nonaktifkan Akun CEO-nya Sendiri