Sony Bakal Hadirkan PlayStation 5 dengan Multi-GPU?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Raksasa teknologi asal Jepang, Sony akan merilis PlayStation 5 pada akhir tahun ini. Selama beberapa bulan terakhir, ada banyak spekulasi mengenai konsol generasi teranyar tersebut.

Rumor terbaru mengatakan bahwa Sony akan menghadirkan PlayStation 5 dengan performa yang lebih gahar menggunakan solusi multi-GPU. Berdasarkan laporan techsina, PlayStation multi-GPU kemungkinan adalah PS5 Pro.

Dalam deskripsi paten PlayStation multi-GPU tertulis, “Manajemen frame buffer dimungkinkan dengan beberapa GPU membuat frame video mereka sendiri atau merender bagian terpisah dari masing-masing frame video, dalam lingkungan emulasi multi-GPU.”

Baca Juga:

5 Keunggulan Playstation 5


“Salah satu GPU mengontrol output frame HDMI dengan menerima informasi frame dari GPU lain dan membacakan frame lengkap melalui port output HDMI atau output GPU dapat digandakan bersama-sama,” tambahnya dilansir dari Gizchina pada Senin (3/8/2020).

Tidak berhenti disitu, paten berjudul “Scalable Gaming Console CPU/GPU for Home Console and Cloud Gaming” itu juga tertulis, “seperti dijelaskan di sini, teknologi SoC dapat diterapkan pada konsol emulasi video seperti konsol game, dan khususnya, satu SoC dapat disediakan untuk versi konsol ‘ringan’.

“Sementara beberapa SoCs dapat digunakan untuk menyediakan versi ‘high-end’ dari konsol yang memiliki kapasitas pemrosesan dan penyimpanan yang lebih besar daripada versi ‘ringan’. Sistem ‘High-end’ juga dapat memuat lebih banyak memori, seperti memori akses acak (RAM) dan fitur lainnya, dan dapat digunakan untuk versi yang dioptimalkan cloud yang menggunakan chip konsol yang sama untuk kinerja yang lebih baik,” tulisnya.

Baca Juga:

Sony Tambah Jumlah Pasokan PlayStation 5


Sorotan terbesar dari paten adalah referensi untuk skalabilitas GPU. Laporan itu mencatat bahwa itu juga bisa akhirnya tiba sebagai kit upgrade, bukan produk yang sama sekali baru. Selain itu, kita tahu banyak paten Sony untuk konsol game sebelumnya akan tetapi banyak dari paten ini tidak pernah menjadi produk akhir.

Jadi, tidak ada hubungan langsung antara paten ini dan PlayStation 5. Namun, waktu paten ini memicu spekulasi bahwa itu mungkin PS5 Pro. Hingga saat ini tidak ada konfirmasi resmi dari Sony terkait keberadaan PS5 Pro.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories