Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sony Bakal Kompres Game PlayStation 5 Jadi Lebih Ringan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Konsol generasi terbaru seperti PlayStation 5 atau Xbox Series S/X punya grafis tinggi. Selain itu, game-nya pun pakai lebih banyak tempat di penyimpanan.

Tapi, Sony sepertinya punya trik khusus untuk atasi hal ini, yaitu dengan hadirkan kompresi yang ekstrem. Kompersi ini sangat penting, karena storage bawaan PS5 cuma 825 GB, itu pun belum termasuk buat sistem.

Umumnya game dengan grafis bagus pakai puluhan, bahkan di atas 100 GB. Tapi Sony belum buka akses slot M.2 di PS5 untuk dipakai sebagai tambahan penyimpanan.

Baru-baru ini diketahui kalau PS5 punya sistem kompresi yang ekstrem. Contohnya seperti game Subnautica, yang di PS4 perlu tempat 14GB, namun saat dirilis ulang di PS5 cuma berukuran 3,5GB, atau berkurang hampir 70%.

Contoh lainnya yaitu game AAA seperti Control: Ultimate Edition, jika di Xbox Series X ukurannya sampai 42,5GB sementara di PS5 cuma 25,79GB, atau lebih kecil 39%.

Perlu diingat, tidak semua game manfaatkan kompresi ini. Seperti game Mass Effect Legendary Edition di Xbox Series X/S yang berukuran 88GB, sementara di PS5 ukurannya lebih besar, yaitu 101GB.

Selain kompresi, ada faktor lain yang bisa pengaruhi ukuran game jadi lebih kecil. Salah satunya adalah data tekstur dan lainnya kini tidak lagi terduplikasi di file game, yang juga bakal berdampak pada loading game jadi lebih cepat. Baik Xbox Series X/S atau PS5 sudah bisa nikmati fitur ini.

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU