Technologue.id, Jakarta – Sony sudah lama dikenal sebagai produsen smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Kebetulan, Mei lalu, pabrik asal Jepang itu sudah merilis Xperia X, yang juga diikuti oleh beberapa produk dari lini X lain.

Xperia X dilepas ke pasaran dengan kamera utama 23MP. Resolusi yang cukup tinggi itu didukung oleh aperture f/2.0 serta fitur pelengkap semacam Phase detection AF, Object tracking, dan Optical stabilization.

Namun dengan spesifikasi shooter semacam itu, Xperia X tak praktis menjadi jawara mobile photography. Ada iPhone 6S yang kemampuan memotretnya tak sembarangan, kendati di atas kertas Apple membekalinya dengan spesifikasi yang lebih rendah. Resolusi sensornya hanya 12MP, dengan aperture f/2.2, dan tanpa OIS.

Kira-kira, mana di antara keduanya yang terbaik?

- Advertisement -

Menurut review dari PhoneArena (9/6/16), masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Xperia X, misalnya, memang terampil untuk menghasilkan gambar outdoor yang lebih dekat dengan realitasnya. Sementara hasil foto iPhone 6S dinilai mengada-ada dan memaksakan tone warna.

Komparasi hasil foto outdoor Xperia X dan iPhone 6s (source: PhoneArena)outdoor
Komparasi hasil foto outdoor Xperia X dan iPhone 6s (source: PhoneArena)

Akan tetapi untuk jepretan in-door dengan objek penuh warna, Xperia X kurang detail dibandingkan dengan iPhone 6S.

Komparasi hasil foto indoor Xperia X dan iPhone 6s (source: PhoneArena)outdoor
Komparasi hasil foto indoor Xperia X dan iPhone 6s (source: PhoneArena)

Secara keseluruhan, kemampuan di antara keduanya boleh dibilang berimbang. Kalau Anda berkesempatan memiliki satu dari Xperia X atau iPhone 6S, mana yang akan Anda pilih?

 

Baca juga:

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 VS GALAXY S7 EDGE, SERUPA TAPI BEDA

ASUS ZENFONE 3 LASER VS ZENFONE 3 MAX, MANA FAVORIT ANDA?

LG X CAM VS LG X SCREEN, BAGUS MANA?