Technologue.id, Jakarta – Beberapa hari sebelumnya, Sony resmi merilis memperbarui sistem operasi Android di dalam Xperia XA Ultra menjadi Nougat. Kini, perusahaan asal Jepang tersebut turut memberikan update yang sama terhadap Xperia XA.

Dilansir dari Xperia Blog (19/6/2017), kelima varian XA mendapatkan pembaruan sistem operasi Android Nougat tanpa terkecuali. Hal itu tentu berbeda dengan XA Ultra, yang hanya 2 variannya saja yang mendapatkan Nougat, sisanya sampai saat ini masih menunggu dalam waktu yang tidak dapat dipastikan.

Screenshot pada perangkat Xperia XA setelah diperbarui menjadi Nougat (source: Xperia Blog)

XA sendiri merupakan smartphone yang dibagi menjadi 5 versi. Dimana ketiga diantaranya merupakan versi single-SIM (F3111, F3113, dan F3115), sedangkan 2 sisanya adalah varian dual-SIM (F3112 dan F3116).

Menurut beberapa reviewer, pembaruan sistem operasi pada Sony Xperia XA ini cukup meringankan kinerja perangkat, sedari perangkat yang masih mengemban OS Android sebelum Nougat. Dengan demikian, keterlambatan Nougat untuk hadir ke perangkat tersebut dapat dimaklumi.

Xperia Xa sendiri merupakan berlayar 5 inci, dengan ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P10 dan RAM 2GB. Smartphone ini sendiri diluncurkan pada Juni 2016 lalu, dan sempat dikabarkan sebagai perangkat yang menentukan masa depan divisi smartphone dari Sony.

Pada awal peluncurannya, Xperia XA mengemban sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1. Pembaruan ke Android Nougat dihadirkan Sony bersamaan dengan security patch di tanggal 5 Mei 2017.

Baca juga:

Sony Xperia XZs Meluncur Minggu Ini, Harganya?

Tak Mampu Beli Sony Xperia XZ Premium? Ada Versi ‘Murahnya’ Kok!

Sony Xperia XZ Premium Sabet Penghargaan Smartphone Baru Terbaik!