Spotify Hapus Lagu K-Pop dari Kakao-M

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Layanan musik streaming Spotify menghapus beberapa lagu K-pop favorit dari perpustakaan lagunya. Pada 1 Maret, lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dicabut dari platform musik global tersebut.

Dilansir dari Bandwagon (1/3/2021), katalog lagu dari Kakao M tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di dunia mulai 1 Maret 2021 karena belum memperbarui lisensinya.

Baca Juga:
Spotify Luncurkan Streaming Kualitas TinggiA

Untuk diketahui, Kakao M adalah salah satu perusahaan co-publisher terbesar di Korea Selatan saat ini. Kakao M beroperasi sebagai label rekaman, agen bakat, perusahaan produksi musik, manajemen acara, perusahaan produksi konser, dan penerbit musik.

Perusahaan induknya, KakaoM, adalah distributor ribuan lagu K-pop termasuk lagu-lagu hit oleh IU, MONSTA X, SEVENTEEN, LOONA, MAMAMOO, THE BOYZ, GFRIEND, (G) I-DLE, ASTRO, dan banyak lagi.

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan.

Spotify baru-baru ini diluncurkan di Korea, bersaing dengan layanan serupa seperti Melon, Genie, Flo (ν”Œλ‘œ), dan banyak lagi.

Baca Juga:
Spotify Tawarkan Paket Langganan Baru, Mulai dari Rp 2.500

Dalam cuitan di Twitter, Tablo dari grup Epik High menulis hilangnya musik-musik Kpop merupakan buntut perselisihan pendapat antara perusahaan Korea dan Spotify.

Tablo Epik High memberi tahu penggemar bahwa album terbaru mereka, Epik High Is Here, tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Dia juga mengungkapkan kekesalannya pada situasi saat ini dengan mengatakan “Mengapa selalu seniman dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis menempatkan keserakahan di atas seni?”

Ketika Spotify dirilis di Korea Selatan, juru bicara Kakao M kepada Korea Herald mengatakan mereka masih berdiskusi dengan Spotify mengenai distribusi lagu lewat platform tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories