Squid Game Sukses, Pemilik Nomor Telepon Justru “Diteror” Penonton

Technologue.id, Jakarta – Serial Squid Game tengah populer belakangan ini. Squid Game yang tayang pada 17 September 2021 lalu menjadi drama korea viral yang berkisah ada sejumlah orang-orang yang diajak pria misterius bermain game dan diiming-imingin hadiah menggiurkan.

Dalam satu adegan film Squid Game, pria misterius memberikan kartu nama dengan logo unik disertai nomor telepon untuk dihubungi bila berminat bergabung dengan Squid Game.

Karena terdesak kondisi ekonomi banyak orang-orang yang menelepon nomor tersebut dan bergabung dengan squid game. Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan yaitu 45,6 miliar won.

Namun tidak disangka, nomor telepon dalam kartu nama yang disodorkan oleh pria misterius dalam Squid Game benar-benar terdaftar dan dapat dihubungi.

Baca Juga:

Film “Konfabulasi” Tayang, Direkam Pakai Samsung S21 Ultra 5G

Dilansir dari Koreaboo, hal ini berawal dari seorang netizen yang mengaku menjadi korban nomor teleponnya disebarkan secara ilegal dalam drama tersebut.

Ia menyebut bahwa nomor telepon yang sudah digunakannya selama lebih 10 tahun itu tertulis dalam kartu nama di Squid Game.

Pemilik nomor itu mengatakan bahwa dirinya mendapatkan ribuan panggilan dan pesan teks yang masuk ke nomornya.

Awalnya ia tidak mengetahui mengapa bisa terjadi demikian hingga kerabatnya memberi tahu bahwa nomornya ditampilkan di serial tersebut.

“Ada lebih dari 4 ribu nomor yang harus kuhapus dari ponselku dan sampai pada titik di mana orang-orang menjangkauku tanpa peduli siang atau malam hingga baterai ponselku terkuras dan mati. Ini menyulitkanku melakukan kegiatan sehari-hari,” kata si netizen.

“Awalnya aku tidak tahu mengapa aku mendapatkan begitu banyak panggilan. Kemudian salah satu teman saya memberi tahu saya bahwa nomor itu ditampilkan di Squid Game,” lanjutnya.

Nomor yang dimaksud ditampilkan sebanyak dua kali dalam serial itu. Satu pada episode perdana di mana pria misterius (Gong Yoo) memberikan kartu namanya kepada Seong Gi Hun (Lee Jung Jae). Selanjutnya muncul di episode kedua di saat Seong Gi Hun akan bergabung ke permainan tersebut.

Baca Juga:

Telkom dan Netflix Berdamai, Streaming Film Dijamin Lancar

Sementara itu, kesalahan pihak produksi Squid Game ini adalah mereka menghapus tiga digit nomor awal, bukan pada bagian tengah atau empat bagian akhir. Untuk nomor telepon Korea, tiga digit pertama disesuaikan dengan kota, di mana Seoul dimulai dengan 010.

Bagi orang-orang yang berada di area sama, dengan menambahkan 010 di bagian depan dengan angka selebihnya yang ditampilkan di serial itu akan otomatis terhubung. Inilah yang membuat netizen itu mendapatkan banyak panggilan dan pesan teks karena penonton yang sekedar mencoba ternyata menghubungi nomornya yang benar aktif.

Dengan kejadian ini, Netflix sendiri sudah angkat bicara dan berusaha untuk menyelesaikannya dengan cepat. Namun, kejadian ini menunjukkan bahwa pihak produksi melanggar peraturan pengungkapan informasi pribadi ke publik, yang membuat Squid Game terancam denda 50 juta won atau setara Rp606 juta.