Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Startup Studio Indonesia Batch 8 Cetak Founder Berkualitas Seiring Pergeseran Fokus Investor
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Program akselerator Startup Studio Indonesia Batch 8 menyaring 17 startup dari berbagai sektor industri untuk selanjutnya memberikan bimbingan intensif kepada para startup tahap awal (early-stage). Pada batch kali ini, rangkaian pelatihan di Batch 8 ditujukan untuk menjawab pergeseran tren pendanaan dengan fokus investor yang beralih ke profitability dan sustainable investing.

Sonny Sudaryana, Koordinator Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mengatakan bahwa investor mulai melihat kualitas dan kaliber dari seorang founder startup.

Baca Juga:
Startup Studio Indonesia Buka Pendaftaran Batch 8, Catat Syarat dan Tanggal Pentingnya

"Yang kita coba adalah bagaimana mencapai itu dengan meningkatkan kualitas dan kaliber dari founder sehingga bisa me-match keinginan dari investor. Dan bagaimana meng-connect kan mereka dengan network. Dalam hal ini bukan hal funding saja, tapi experience. Di SSI, salah satu kekuatannya adalah benar-benar customize sesuai dengan kebutuhan dari startup dan foundernya. Dan juga kita connect kan dengan teman-teman founder yang lebih dulu mengalami hal tersebut," ujar Sonny, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/2/2024).

Rangkaian program yang dihadirkan oleh Startup Studio Indonesia meliputi sesi Founder's Camp selama tiga hari mulai dari tanggal 22-24 Februari 2024, dan 1-on-1 Coaching selama tiga bulan hingga Mei 2024. Dalam sesi Founder’s Camp, 17 startup terpilih bisa mendapatkan coaching dan brainstorming dengan para praktisi startup dan terkemuka yang telah berpengalaman, untuk memfasilitasi transfer ilmu yang praktis dan efisien.

Praktisi startup ini terdiri dari founder startup, hingga pimpinan perusahaan Venture Capital (VC). Sementara itu, sesi 1-on-1 Coaching menyediakan kesempatan yang lebih eksklusif untuk para startup, yakni dengan memberikan insight yang bersifat lebih praktikal dan applicable untuk para startup. Sehingga, masing-masing startup bisa berdiskusi dan berkonsultasi dengan para coach, untuk menjawab tantangan dan kebutuhan bisnis mereka.

Italo Gani, Managing Partner Impactto dan Strategic Partner Startup Studio Indonesia menjelaskan bahwa SSI dari batch 1 sampai 8 selalu konsisten fokus di Product-Market Fit. "Product-Market Fit itu memang memfokuskan dari awal, karena startup di Startup Studio itu sudah launching dan punya revenue, nah bagaimana kita mengukur the projection of the profitability," tutur Italo.

Baca Juga:
Sinergi Startup Rekosistem dan PLN Dorong Pembangkit Listrik dari Sampah

Italo juga menjelaskan, startup harus menunjukkan potensi menuju product market fit, dilihat dari grafik traction active users dan retention rate.

Setelah melalui rangkaian pembelajaran secara intensif selama kurang lebih 5 bulan, rangkaian program Startup Studio Indonesia Batch 8 akan ditutup dengan acara puncak Milestone Day, dimana ke-17 startup berkesempatan untuk memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders.

Seiring berjalannya waktu, Startup Studio Indonesia terus berkembang menjadi salah satu program akselerator startup terbaik di Indonesia. Program ini menjadi ujung tombak untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Hub.id yang telah lebih dulu dijalankan oleh Kominfo.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun