Strategi Persiapan Efektif Hadapi UTBK ala Zenius Education

Technologue.id, Jakarta – Menjelang dilaksanakannya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020, tentu para siswa yang kini sedang berada di kelas 12 mulai mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi UTBK. Ujian seleksi seperti UTBK SBMPTN, SNMPTN, dan Ujian Mandiri, ditujukan untuk menyaring siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Kompetisi yang ketat mengingat kapasitas kursi PTN yang terbatas, juga memberikan tekanan ekstra terhadap proses persiapan yang perlu dilakukan oleh para peserta.

Sebagai gambaran, terdapat lebih dari 478 ribu peserta yang mendaftar SNMPTN pada tahun 2019. Dari jumlah tersebut, hanya ada 92 ribu atau sekitar 19,3% yang lolos dan diterima, sedangkan sisanya sebanyak hampir 380 ribu peserta lebih harus rela tersingkir. Sementara di jalur SBMPTN, dari 714 ribu jumlah total peserta, mereka yang dinyatakan lolos hanya ada sebanyak 168 ribu atau sekitar 23,6% sementara setidaknya hampir 500 ribu peserta ditolak kampus impiannya. Zenius Education memprediksi, bahwa pola tingkat penerimaan sekitar 20% ini juga akan terjadi pada UTBK tahun 2020 ini.

Lalu apa yang bisa dilakukan peserta UTBK untuk mempersiapkan diri? Zenius Education memiliki beberapa tips yang dapat kalian, para siswa kelas 12, pergunakan untuk belajar UTBK secara mandiri:

Latihan soal UTBK tahun sebelumnya

Langkah awal ini bertujuan untuk menguji kemampuan diri sendiri dan membiasakan diri pada tingkat kesulitan soal-soal UTBK, sehingga dapat memberikan gambaran secara umum dan sudah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) dirimu sampai dengan saat ini. Jika kalian bingung di mana mencari soal-soal UTBK tahun sebelumnya, Zenius sudah menyediakan kumpulan soal UTBK atau SBMPTN tahun-tahun lalu buat Tes Potensi Skolastik (TPS), atau dulunya umum disebut sebagai Tes Potensi Akademik (TPA). Perlu dicatat bahwa, selain jadwal pelaksanaan ujiannya yang ditunda, materi yang diujikan di UTBK tahun 2020 juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya TPS dan TPA diujikan di masing-masing jurusan, maka tahun ini hanya TPS saja yang akan diujikan.

Ikuti Try Out UTBK

Setelah mencoba latihan-latihan soal tahun sebelumnya secara mandiri, kalian kini dapat mengukur kemampuan dengan mengikuti berbagai try out online dan offline yang biasanya banyak diadakan jelang UTBK seperti saat ini, contohnya Grand Try Out yang diadakan oleh Zenius Education. Tryout-tryout ini selain untuk membantu lebih jauh membiasakan diri dengan soal-soal yang akan muncul di UTBK, juga berguna untuk membandingkan kemampuan saat ini dengan rekan sejawat kalian.

Saat mengerjakan tryout-tryout tersebut, utamanya yang saat ini kebanyakan diadakan secara online, kalian bisa mencoba lebih jauh untuk mensimulasikan situasi tryout saat semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti kalian mengerjakan test UTBK aslinya. Misalnya dengan cara membuat kondisi ruangan sehening mungkin dan meminimalisir gangguan, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan dirimu terhadap tekanan dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang singkat.

Evaluasi Kelemahan

Setelah latihan soal dan menguji kemampuan lebih lanjut di try out, sekarang kalian bisa mengevaluasi hasilnya. Bagaimana perbandingan nilaimu dengan kompetisi dari rekan-rekan lainnya? Di bagian tes mana yang dirasa masih kurang? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kalian dalam mengevaluasi diri sendiri dan kemudian memperdalam materi yang nantinya akan dapat membantu mendongkrak nilaimu di UTBK.

Belajar Intensif secara Mandiri

Bagian ini adalah bagian yang paling penting dari seluruh langkah yang telah kalian jalani, yaitu belajar, belajar, dan belajar. Strategi apapun yang kalian ikuti tentu tidak akan pernah maksimal jika kalian tidak secara aktif belajar intensif secara mandiri untuk menghadapi UTBK ini. Akan tetapi, dalam pembelajaran mandiri ini, biasanya terdapat dua kesalahan umum yang sering terjadi dalam belajar untuk UTBK. Pertama, biasanya para peserta langsung latihan soal campuran/variasi tanpa memiliki pemahaman dasar tentang soal tersebut. Supaya lebih mudah dan percaya diri dalam mengerjakan segala variasi soal yang mungkin keluar, sebaiknya kalian terlebih dahulu mendalami setiap materi/topik dasarnya, sebelum mulai mengerjakan variasi soal tersebut.

Kesalahan umum kedua, terlalu asyik dalam belajar untuk mendalami materi/konsep teori tapi kurang cukup banyak latihan soal. Kebalikan dari kesalahan pertama, pemahaman penuh soal materi dan konsep tanpa banyak latihan soal tentang materi atau topik yang lagi didalami akan membuat kalian rawan untuk terlalu percaya diri. Ketika diberi variasi soal berbeda, karena tidak terbiasa latihan maka kalian bisa saja malah kaget, nge-blank dan tidak dapat mempraktekkan dasar-dasar materi atau konsep yang sebenarnya sudah kalian mengerti.

Jadi, seperti semua hal dalam hidup, belajar pun butuh keseimbangan. Pemahaman konsep dan latihan soal harus dilakukan dengan porsi yang sama dan cukup. Ini merupakan tantangan tersendiri terlebih jika kalian belajar mandiri tanpa pengawasan, tetapi selalu ingat tujuan akhir untuk bisa lolos ke Perguruan Tinggi impian kalian, dan semua pasti bisa kalian lewati.

Latest News

Kata Pakar Soal Nokia C3: Rasa Kos, Harga Hotel Berbintang

Technologue.id, Jakarta - Nokia C3 resmi masuk pasar Indonesia. Mengusung prosesor Unisoc SC9863 berkecepatan 1.6 GHz, HMD Global membandrolnya dengan harga Rp...

Bocoran Hero Baru dan Tanggal Rilis Update 1.2 Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Hampir sebulan sejak miHoYo rilis game RPG barunya, Genshin Impact, di PC dan mobile. Kini game itu pun jadi...

WhatsApp Kembangkan Fitur Belanja Lewat Chat

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi messaging WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang bisa mempermudah belanja secara online. Melalui fitur belanja ini pengguna Whatsapp bisa...

Xiaomi Patenkan Ponsel Lipat Mirip Galaxy Fold

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi kembali mengajukan paten untuk ponsel masa depannya. Menariknya, ponsel tersebut memiliki desain yang sangat mirip dengan ponsel lipat...

Tingkatkan Kualitas Budidaya Tambak, XL Axiata Hadirkan XL Smart Aquaculture

Technologue.id, Jakarta - XL Axiata menghadirkan solusi precision farming bernama “XL Smart Aquaculture” bagi para petani tambak. Ini merupakan solusi berbasis Internet...

Related Stories