Technologue.id, Jakarta – Baru beberapa jam lalu, redaksi melaporkan kalau Instagram terendus sedang menyiapkan ‘Save Draft’. Fitur yang fungsinya lebih kurang sama dengan penyimpanan draft SMS itu katanya baru diuji coba ke segelintir pengguna saja.

Namun faktanya kemarin (11/8/16), aplikasi Instagram yang terpasang di handset Android redaksi ternyata juga sudah bisa menyimpan draft foto. Begitu Anda memencet tombol back tengah proses editing, maka muncullah pop-up window yang berisi konfirmasi, apakah Anda berniat menyimpan foto setengah matang itu atau tidak. Alhasil, ketakutan akan hilangnya gambar yang sedang diedit saat tidak sengaja ‘lari’ dari aplikasi Instagram pun reda.

Sekadar info, gambar yang sudah disimpan menjadi draft bakal muncul di posisi baris teratas paling kiri saat Anda ingin mengunggah konten dari galeri. Gambar itu akan dibubuhi dengan label ‘Draft’ pula di bagian atas kanannya.

Fitur Save Draft sudah ada di Instagram (source: Technologue.id)
Fitur Save Draft sudah ada di Instagram (source: Technologue.id)

Sayangnya saat ditelusuri, Instagram belum memberikan pengumuman apa pun di blog dan media sosial resminya. Redaksi juga sudah mencoba menghubungi pihak Instagram, tetapi belum mendapat respons.

Jika penasaran, coba update saja aplikasi Instagram Anda. Di Android, Technologue.id kedapatan fitur ‘Save Draft’ ini di versi 9.1.0.

Sudah bisakah Anda mencoba Save Draft di smartphone sendiri? Siapa tahu ternyata fitur ini sudah disebar ke banyak pengguna Instagram di Indonesia, bukan hanya di handset redaksi saja.

 

Baca juga:

TRIK RAHASIA MEN-DOWNLOAD FOTO DAN VIDEO DARI INSTAGRAM

CARA FACEBOOK AMANKAN ANDA DARI BERITA SAMPAH

FACEBOOK KINI TAMPUNG 1,7 MILIAR PENGHUNI BUMI